Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 30 Januari 2016

Swasembada Pangan, Kodim 0829/Bangkalan Optimalkan Lahan Pendukung UPSUS

KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Dalam rangka meningkatkan produksi padi guna pencapaian swasembada pangan nasional, Kodim 0829/Bangkalan bersama Tim UPSUS Swasembada Pangan Kabupaten Bangkalan dan STTP Malang menerapkan inovasi teknologi pertanian melalui uji coba penanaman perdana padi ROB bertempat di Jl. Paseser Karang Anyar, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Sabtu (30/1/2016).

Dalam tanam perdana demlot padi lahan rob itu, Kodim 0829/Bangkalan menanam aneka varietas padi seperti dendang, banyuasin, inpara I hingga V, inpari 30, dan varietes padi yang bisa digunakan petani setempat yakni IR 64 dan Ciharang.

Lahan yang sebelumnya tidak bisa ditanami padi, membawa angin segar buat petani sekitar. Berjarak 75 meter dari bibir pantai jika saat surut dan pasangnya air laut tidak bisa berbuat apa-apa.

Komandan Kodim 0829/letkol Inf Sunardi Istanto SH, mengatakan, "Lahan ini dulunya produktif. Namun terlantar karena rob. Kami mencoba tanam lagi untuk menambah luas tanam dalam program upsus swasembada pangan," paparnya.

Selain itu Dandim juga berharap agar progam penanam padi ini tidak sia-sia maka semua pihak terkait dan para petani untuk menjaganya karena sudah menjadi progam dari pusat ketahanan pangan.

Sementara di tempat yang sama, Razak, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan, mengatakan, "Dengan uji coba penanaman perdana padi ROB ini menjadikan dampak yang positif," ungkapnya

Dalam acara penanaman juga di hadiri oleh Tim Upsus Pajale Bangkalan Ir. Kasmiati beliau juga menyampaikan dukungan kepada dinas terkait dan masyarakat sekitar atas progam penanaman dilahan ROB ini.

"Penanaman padi di rob ini merupakan progam 11 unggulan farian padi yang cocok ditanaman di kawasan Jawa timur khususnya di Madura" jelasnya

Dalam optimalisasi lahan pendukung upsus swasembada pangan itu, hadir pula 18 danramil, perwakilan BPTP, BPS Bangkalan, DKP3, dan Polsek Modung. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar