Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 26 Januari 2016

Upacara Hari Senin Kodam V/Brawijaya, Diselingi Baca Puisi Oleh Pelajar

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam (Aster Kodam) V/Brawijaya Kolonel Kav Sugiyono menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara yang digelar di Lapangan Kodam V/Brawijaya, usai pelaksanaan upacara diselingi dengan pembacaan puisi oleh pelajar.  Senin (25/1/2016).

            Pada Upacara yang dihadiri oleh seluruh satuan yang berada di Surabaya ini,  diselingi dengan pembacaan puisi karya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo oleh pelajar SMP dan SMU yang merupakan Anak-anak Yatim Piatu dari Kodim-Kodim jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya, di bawah koordinator dan asuhan seniman muda asal Surabaya Taufik Hidayat atau lebih dikenal dengan Taufik Monyong.

Dari sekitar 18 orang pelajar yang masuk kriteria terpilih 5 orang pelajar yang tampil membacakan puisi di lapangan Kodam V/Brawijaya usai pelaksanaan upacara bendera. Senin (25/1/2016) 

Kelima pelajar tersebut diantaranya pertama, Karlina Devi Rama Dhoni asal sekolah SMK Kartika IV/3 Surabaya, putri dari Sertu Sukardi (Alm) dari Kodim 0808/Blitar, kedua, Devy Puspita R asal Sekolah SMK YPM 3 Taman Sidoarjo, putri dari Kopka Burmansyah (Alm) dari Kodim 0832/Surabaya Selatan, ketiga, Siti Mukharomah asal sekolah SMPN 2 Kebomas dari Kodim 0817/Sidoarjo, keempat, Rizka Rohadatul Alsy asal sekolah SMAN 1 Manyar dari Kodim 0817/Sidoarjo, dan kelima, Erwin Ariawan asal sekolah SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya dari Kodim 0830/Surabaya Selatan. 

Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Kav Sugiyono mengatakan, merasa bangga dan berterima kasih atas kemauan dan dedikasi pelajar-pelajar yang mengikuti kegiatan ini, selain itu bisa menumbuhkan rasa nasionalisme melalui seni puisi di kalangan pelajar. Karena terbatasnya waktu menyebabkan koordinasi lintas sektoral di daerah juga terbatas, sehingga Kodim-Kodim di daerah belum sempat mengadakan seleksi, apalagi kesempatan latihan hanya 2 kali.

            Pada kesempatan ini Aster menegaskan, walaupun waktu latihan terbatas, umumnya para pembaca puisi sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan, mereka mempunyai bakat sehingga hanya dengan sedikit latihan, mereka sudah mampu menampilkan yang terbaik.

            “Untuk itu kegiatan seperti ini bisa meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni khususnya di kalangan pelajar terutama untuk memperkaya bakat seni yang dapat memperkuat dan kemandirian di kalangan pelajar,“ tegas Kolonel Kav Sugiyono.

            Selain itu, “dalam membaca puisi, diperlukan pelatihan-pelatihan tertentu, seperti latihan mimik (ekspresi wajah), dan pantomimik (ekspresi seluruh tubuh).  Agar para peserta lebih menjiwai dan menghayati arti makna puisi yang dibacakan”, jelas Kolonel Kav Sugiyono.

Nantinya dari ke 5 pelajar akan di pilih 2 orang pelajar terbaik untuk membacakan Puisi Karya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada kegiatan renungan malam di Apel Dansat TA. 2016 di Dermaga Ujung Surabaya, yang akan di gelar beberapa hari kedepan. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar