Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 26 Januari 2016

Sukseskan Swasembada Pangan, Kodim Jajaran Kodam V/Brawijaya Terima Alsintan

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Salah satu langkah signifikan di bidang pertanian dalam upaya pencapaian swasembada pangan yang diprakarsai oleh Kementerian Pertanian RI yaitu dengan memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kodim jajaran Kodam V/Brawijaya, untuk disalurkan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) penerima bantuan. Alsintan tersebut kini telah disalurkan dan dirasakan manfaatnya oleh para petani, Selasa (26/1).

            Program mekanisasi pertanian sangat diperlukan dalam upaya mendukung peningkatan produksi dan produktifitas serta kualitas hasil pertanian. Hadirnya alat dan mesin pertanian (Alsintan) di daerah penerima bantuan bertujuan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani dan bukan sebagai pesaing lapangan kerja masyarakat yang sifatnya manual.

            Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diterima diantaranya berupa alat panen padi kombinasi (Combine Paddy Harvest), pemotong padi (Paddy Mower), pemipil jagung (Corn Sheller), Power Thresher Multiguna, Pompa Air, Hand Traktor, Transplanter, Excavator Mini, Traktor Roda Dua dan Traktor Roda Empat. Terdapat beberapa Kodim penerima diantaranya: Kodim 0826/Pamekasan, Kodim 0829/Bangkalan, Kodim 0812/Lamongan dan Kodim 0813/Bojonegoro.

Untuk Gapoktan wilayah Kodim 0826/Pamekasan menerima 14 unit Hand Tractor dan 100 unit pemotong padi (Paddy Mower). Sedangkan Alsintan yang saat ini diterima Gapoktan di wilayah Kodim 0812/Lamongan diantaranya, 5 unit Transplanter, 10 unit pompa air, 1 unit Excavator, 5 Unit Hand Traktor dan 1 Unit Traktor Roda Empat. Adapun wilayah Kodim 0813/Bojonegoro menerima 1 Unit Traktor Roda Empat, 1 unit Transplanter, 2 Unit Handtracktor, 1 unit Excavator mini dan 5 Unit Pompa Air.

Kedepan guna mendukung pencapaian swasembada pangan yang lebih optimal maka setiap Kodim akan menerima Alsintan berupa Traktor roda 2 yang saat ini telah diterimakan di masing-masing Korem yang terdiri dari Korem 081/DSJ sebanyak 68 unit, Korem 082/CPYJ 44 unit, Korem 083/BDJ 100 unit dan Korem 084/BJ 88 unit.

            Dengan bantuan Alsintan ini diharapkan dapat membantu petani dalam hal pengolahan lahan dan penanganan panen, sehingga akan berdampak pada peningkatan produksi yang signifikan, cepat dan tepat guna, yang pada gilirannya akan mewujudkan Swasembada Pangan sesuai program yang dicanangkan oleh Pemerintah.  (arf)

0 komentar:

Posting Komentar