Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 11 Februari 2024

Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Cianjur Terlambat, Ini Penyebabnya


Cianjur - KABARPROGRESIF.COM Distribusi logistik dari gudang KPU ke gudang PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat mengalami keterlambatan hingga dua hari. Seharusnya logistik sudah dikirim sejak Kamis (8/2/2024), namun baru bisa dikirim dan tiba di gudang PPK setempat, Minggu (11/2/2024) malam. 

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Karangtengah Galih Ega Budiman mengatakan, keterlambatan berimbas pada jadwal pendistribusian logistik ke tingkat PPS. 

"Karenanya, hari ini diharapkan semua terdistribusikan ke setiap desa, mengingat besok harus sudah sampai ke masing-masing TPS," kata Galih kepada Kompas.com di gudang PPK, Minggu (11/2/2024). 

Selain menyoroti keterlambatan, pihaknya juga menyayangkan kondisi gudang penyimpanan logistik yang tidak dilengkapi kamera pemantau atau CCTV. 

"Kalau secara luasan dan kondisinya (gudang) sudah laik, ya, tinggal dilengkapi CCTV. Karena kan ada klausulnya juga soal itu. Karenanya, kita rekomendasikan di rakor untuk segera dilengkapi," ujar dia. 

Menurut Galih, keberadaan kamera pemantau sangat penting sebagai piranti pengamanan serta mendeteksi dan mencegah kecurangan. 

“Keberadaannya juga kan bisa mengurangi beban personel yang melakukan penjagaan,” ujar Galih. 

Faktor tenaga kerja Ketua PPK Karangtengah Jalaludin menyebutkan, keterlambatan distribusi logistik dari gudang KPU Cianjur ini disebabkan faktor kesiapan tenaga kerja yang disediakan pihak vendor. 

“Dari KPU sudah dijadwalkan tanggal 8 pemberangkatan dapil 2 dan 1 termasuk Karangtengah, berhubung dari pihak vendor itu yang menjadi terlambat akibat dari pekerjanya itu, mungkin capek, kelelahan. Karena itu, hari ini kita targetnya semua sudah bisa dikirim ke desa-desa," kata Jalal, Minggu. 

Sementara terkait ketidaktersediaan kamera pemantau di gudang logistik, Jalal akan mengupayakan hal tersebut dengan para pihak terkait. 

“Mudah-mudahan pada rekap suara di tingkat PPK, di sini sudah ada. Kita akan kordinasikan terkait CCTV ini untuk pleno nanti,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, logistik untuk Pemilu 2024 tengah didistribusikan secara serentak ke tingkat desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Pendistribusian melibatkan petugas PPS (panitia pemungutan suara) desa dengan pengawalan aparat TNI/Polri, serta pengawasan dari pihak panwaslu (panitia pengawas pemilu) kecamatan. 

0 komentar:

Posting Komentar