Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 11 Desember 2020

Pemkot Surabaya Kembangkan Budidaya Kepiting Soka di Kompleks Sentra Ikan Romokalisari


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Kompleks Sentra Ikan Romokalisari Surabaya tak hanya menonjolkan wisata kuliner, wisata bahari dan pasar apung untuk menunjung pendapatan warga sekitar.

Namun ada potensi yang cukup menarik perhatian dari Pemkot Surabaya untuk dikembangkan yakni budidaya kepiting soka.

"Karena memang potensi di sini, di Pulau Galang itu juga banyak kepitingnya. Nanti mereka (nelayan) tangkap terus dimasukkan ke dalam kumbung-kumbung (keramba) tadi untuk dijadikan soka," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang, usai menghadiri peresmian Kompleks Sentra Ikan Romokalisari oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Kamis (10/12).

Selain budidaya kepiting soka, pihaknya juga mengaku memberdayakan nelayan sekitar. 

Caranya dengan memanfaatkan perahu nelayan untuk dijadikan wisata air di saat weekend. 

"Nanti Sabtu Minggu warga bisa memanfaatkan wisata perahu. Jadi nelayan-nelayan Romokalisari ini kita berdayakan. Ada 14 Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan di sini, ini yang kita maksimalkan," katanya.

Di samping itu pula, kata Herlambang, pihaknya menyatakan juga memaksimalkan Tempat Pelelangan Ikan yang sebelumnya telah ada. 

Namun, hal ini tak lepas dari peran serta para pedagang serta nelayan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Mereka juga harus kerjasama dengan kita sungguh-sungguh, kalau tidak gitu, mati lagi nanti. Jadi peran serta nelayan sekitar harus ditingkatkan, kerjasama kecamatan, kelurahan, warga Rusun Romokalisari juga," pungkasnya. (Ar)

0 komentar:

Posting Komentar