Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 23 September 2021

Siswa TNI AL Satdik 3 Sorong Unjuk Kemahiran Semaphore di Kodikopsla Kodiklatal


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dalam kegiatan Pekan Integrasi siswa antar Sataun Pendidikan (Satdik) di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), sebanyak 194 Siswa TNI AL Satdik 3 Sorong lingkup korps Pelaut melaksanakan kunjungan ke Sekolah Komunikasi Angatan Laut (Sekomal) dan Sekolah Navigasi Bahari (Senavbah) dibawah Komando Pendidikan Opertasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal yang berada di Jalan Hang Tuah, Ujung Surabaya, Rabu, (22/9/2021).

Ke-194 siswa ini terdiri Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) angkatan XLI T.A. 2021, adapun kegiatan kunjungan di Sekomal dan Senavbah ini bertujuan untuk membekali dan menambah wawasan seluruh siswa Satdik 3 Sorong khususnya siswa kejuruan Komunikasi untuk Dikmaba, kejuruan Isyarat Terlegrafis untuk Dikmata dan Kejuruan Bahari Navigasi tentang  sekolah-sekolah di bawah Kodikopsla.

Kegiatan kunjungan yang didampingi langsung Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Satdik 3 Sorong Mayor Marinir Johan Haryanto, M.Tr Opsla ini para Siswa mendapatkan pembelajaran dari para Instruktur dan Pembimbing Siswa (Bingsis) Sekomal ilmu-ilmu pengetahuan yang dipelajari di Sekomal, mulai Ilmu Komunikasi, pengiriman dan penerimaan berita melalui audio dan visual.

Salah satu cara mengirim pesan secara visual adalah menggunakan bendera Semaphore, ada yang cukup menarik pada sesi ini, disaat Bingsis Sekomal menanyakan apakah ada siswa Satdik 3 Sorong yang paham dan mampu mengirim pesan menggunakan bendera Semaphore, langsung dijawab dengan kompak bahwa siswa menyatakan sanggup dan bisa membuktikan kemampuan mereka dalam pengiriman dan penerimaan berita menggunakan bendera Semaphore. Hal ini membuktikan bahwa Kualitas SDM Satdik 3 Sorong merupakan prajurit unggul dan bisa dibuktikan dihadapan Bingsis Sekomal.

Setelah melaksanakan kunjungan di Sekomal, Siswa Satdik 3 Sorong ini melanjutkan kunjungan di Senavbah yang masih di Lokasi Ujung, di sekolah ini para siswa Satdik 3 mendapatkan sambutan selamat datang dari siswa-siswa Senavbah sehingga menambah keakrapan diantara siswa lingkup korps Pelaut Kodiklatal.

Di Senavbah para siswa menyaksikan demo kemampuan siswa-siswa Senavbah berupa keterampilan peluit, keterampilan tali-temali dan melempar tali buangan yaitu tali yang dilempar dari kapal ke dermaga, dengan tujuan untuk menambatkan kapal didermaga. 

Selesai demo dilanjutkan pembelajaran tali temali yang digelar dilapangan apel Senavbah Kodikopsla Kodiklatal. (PenKodiklatal)

0 komentar:

Posting Komentar