Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 08 Oktober 2014

PERINGATAN HUT TNI KE-69 TERMEGAH


KABARPROGRESIF.COM : Peringatan ke-69 HUT TNI tahun 2014 merupakan acara peringatan termegah dalam catatan sejarah yang pernah digelar Tentara Nasional Indonesia dilaksanakan di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya. (Selasa,7/10/2014). Acara peringatan ini melibatkan personel dan material tempur dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dengan jumlah terbanyak selama kurun waktu kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

Kemegahan HUT TNI tahun 2014 bagi Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono selaku Panglima Tertinggi TNI merupakan yang terakhir setelah 10 tahun menjabat sebagai presiden, menjadi bukti keseriusannya dalam membangun kekuatan pertahanan Negara agar Indonesia menjadi bangsa yang disegani

Upacara parade melibatkan 1 batalyon upacara gabungan, terdiri dari 1 kompi perwira menengah dan 2 kompi perwira pertama, 5 brigade upacara, terdiri dari 1 brigade gabungan POM TNI, gabungan Wanita TNI dan Taruna Akademi TNI, 2 brigade TNI AD, 1 brigade TNI AL, 1 brigade TNI AU, 1 batalyon PNS TNI dan 1 unit korps musik gabungan TNI. Upacara parade dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Deny Septiana yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmabar.

Seusai parade acara dimeriahkan Demonstrasi Gabungan TNI yang terdiri dari matra Darat, matra Laut dan matra Udara dengan koordinator demo Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington. Sesi pertama menampilkan serangan udara gabungan terdiri dari serangan 4 pesawat tempur F-5 Tiger , Peperangan anti kapal selam, pembebasan sandera di kapal tanker dengan tehnik RDO (Rubber Duck Operation), Combat Free Fall oleh gabungan Satgultor dan Fast Rope.

Demonstrasi dilanjutkan penerjunan terbesar yang pernah dilaksanakan yaitu penerjunan 1 brigade infanteri Linud AD dengan menggunakan 10 pesawat Hercules milik TNI AU di pulau Madura. Kemudian penerjunan statik laut oleh personel Taifib dan Heli Water Jump oleh Kopaska.

Berikutnya Beladiri Militer menampilkan kekompakan gerakan dasar perorangan dan tehnik perkelahian satu lawan satu serta perkelahian di atas Tank BMP-3 F dan Leopard yang juga melibatkan beberapa personel Wanita TNI dari ketiga Angkatan.

Selanjutnya atraksi 2 Tank BMP-F dari kanan dan kiri dermaga bergerak dengan kecepatan penuh bertemu di tengah dan jumping secara bersamaan sambil menembakkan meriam.

Acara dilanjutkan dengan defile pasukan upacara dan material tempur TNI. Melibatkan ratusan kendaraan tempur dan kesenjataan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Diteruskan Sailing Pass puluhan kapal-kapal perang TNI AL dan Flypast  puluhan pesawat tempur dan helikopter dari TNI AD, AL dan AU serta . manuver udara dari the Jupiter Aerobatic Team.

Demonstrasi ditutup dengan manuver LVT-7 milik Korps Marinir bergerak dari kiri dan kanan podium selanjutnya di tengah secara bersama-sama terjun dari atas dermaga ke laut. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar