Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 08 Desember 2020

Ijazah Kiai Nawawi untuk Eri Cahyadi di Masa Tenang Jelang Pilkada



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menggunakan masa tenang jelang coblosan Pilkada 9 Desember dengan ziarah ke Makam Sunan Ampel beserta sanak saudara serta para santri. 

Eri dan tim juga menjalankan ijazah dari KH Nawawi Abdul Jalil, Sidogiri, yang didapatkan ketika sowan ke pengasuh salah satu ponpes tertua di Jawa Timur tersebut.

Sebelum berziarah, Eri Cahyadi melaksanakan salat ashar berjamaah.

"Hari ini kita menjalankan ijazah Kiai Nawawi Sidogiri Pasuruan. Beliau memberikan ijazah untuk membaca Al-Fatihah sebanyak 500 kali. Dan alhamdulillah hari ini ijazah dari Kiai Nawawi sudah dijalankan," jelasnya, Senin (7/12/2020).

Eri sebelumnya telah sowan ke Kiai Nawawi di Pesantren Sidogiri. Pesantren itu didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban, keturunan dari Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati. 

Keluarga Sayyid Sulaiman inilah yang juga merintis kompleks pesantren Sidoresmo, Surabaya, di mana Eri Cahyadi termasuk bagian dari keluarga besarnya.

Eri Cahyadi menjalankan ijazah dari Kiai Nawawi tak seorang diri. Ia bersama putra dari almarhum KH Mas Ubaidillah bin Muhammad bin Yusuf At-tijani atau Gus Ubed yang tak lain adalah nazir Masjid Sunan Ampel. Eri adalah keponakan Gus Ubed.

Tampak juga Ra Fathur Rozi Zubair, putra KH Zubair Muntashor. Kiai Zubair adalah cicit dari Syaikhona Cholil, ulama karismatik NU yang tak lain adalah guru banyak kiai besar, termasuk guru dari pendiri NU KH Hasyim Asyari yang pada Minggu (6/12/2020) lalu diziarahi Eri.

Selain menziarahi makam Sunan Ampel, Eri juga nyekar ke makam Syekh Muhammad bin Yusuf At-Tijani, ayahanda dari Gus Ubed. Usai berziarah, Eri melantunkan salawat Nariyah.

“Alhamdullah  tadi juga ikut menyertai adik saya, putra dari Gus Ubed, yaitu Gus Yaruk sama Gus Bidin," terangnya.

Saat ditanya perihal persiapan jelang Pilkada Surabaya 2020, mantan Kepala Bappeko Kota Surabaya tersebut menyatakan kesiapannya. 

Dia meyakini Allah SWT telah menulis skenario terbaik untuk seluruh umat manusia.

"Menjelang hari H, kami riyadhoh, mendekatkan diri kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,“ ujarnya.

"Persiapan hari H, insya Allah, sebagai santri, sebagai warga Nahdliyin, menyakini bahwa ketetapan sudah dituliskan Allah SWT. Sebenarnya nama Wali Kota, selalu saya katakan, sudah tercatat di langit ketujuh. Kalau kita kampanye itu karena hanya ikthiar jasmaninya kita jalankan. Tapi nama itu sudah tercatat, Gusti Allah sudah menakdirkan," imbuhnya. 

Eri Cahyadi memang sangat dekat dengan kalangan pesantren. Dia adalah putera dari Urip Suwondo dan Mas Ayu Esa Aisyah. Nama “Mas” pada ibu Eri ini khas keluarga pesantren Sidoresmo. Sebutan “Mas” disematkan oleh Sunan Ampel kepada para perintis Pondok Pesantren Sidosermo, dan hingga kini nama “Mas” dipakai oleh seluruh keturunan keluarga besar pesantren itu. (Ar)

0 komentar:

Posting Komentar