Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 08 Desember 2020

PDIP Surabaya Tangkap Basah Pelaku Politik Uang



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya)
PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya, menangkap  basah dugaan praktik politik uang di wilayah Kendangsari Gang 9 RT 01 RW 4 yang dilakukan seorang wanita dengan membagikan sejumlah uang ke warga, Selasa malam (8/12/2020).

Menurut Ketua PAC PDIP Kecamatan Tenggilis Mejoyo Sumardiono, dirinya mendapatkan laporan dari timnya bahwa ada seorang perempuan membawa amplop berisi uang 100 ribu yang diduga dibagikan ke warga Kendangsari gang 9 pada jam 7 malam.

Kemudian dia mendatangi lokasi kejadian untuk meminta penjelasan mengapa membagikan uang ke warga dan mengimbau memilih salah satu paslon menjelang coblosan. 

Namun belum sempat ditanya, perempuan tersebut berlari ke rumahnya dan mengunci pintu kamar.

"Dari teman-teman ada beberapa dari saksi yang terkait untuk memberikan mandat saksi, kebetulan di sana ternyata ada bagi-bagi uang yang dilakukan seseorang yang berjenis kelamin perempuan," kata Sumardiono di kantor Kecamatan Tenggilis Mejoyo.

Karena tak mendapatkan keterangan dari perempuan tersebut, Sumardiono melaporkan praktik politik uang yang ditemukannya ke Panwascam Tenggilis Mejoyo. 

"Dari hasil temuan kami tangkap basah tadi, teman-teman menemukan lembar isian beberapa orang yang menerima sejumlah 67 orang dan 14 yang belum diterimakan, berupa uang 1 juta 400 estimasi tadi per amplop mereka diberi 100 ribu," jelas Sumardiono.

Pengurus PAC PDIP Tenggilis Mejoyo ingin memantau perempuan tersebut, namun karena tidak ingin terjadi hal yang  tak diinginkan maka pihak Panwascam setempat yang mengawasinya.

"Tadi sempat masuk ke rumah tapi dengan jaminan tadi sempat sebenarnya teman-teman mau nyanggong disitu tapi dari panwas ada yang menjamin supaya tidak terjadi apa-apa jadi panwas yang mengawasi disana," imbuh Sumardiono.

Panwascam Tenggilis Mejoyo Fachmi Achmad, telah menerima laporan dugaan praktik politik uang yang dilaporkan PAC PDIP Tenggilis Mejoyo atas nama Agustinus Priyanto dengan nomor  /K-Jl.38-28/PM.06/XII/2020.

"Kami dari panwascam sendiri sudah menerima laporan ini, dan ada dari pihak panwascam Tenggilis Mejoyo yang mem follow up ke tempat kejadian," kata Fachmi.

Hingga berita ini ditulis, panwascam Tenggilis Mejoyo sedang berusaha membawa perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut untuk diamankan dan dimintai keterangan atas dugaan money politic dengan membagikan uang ke warga Kendangsari.

"Saat ini coba dibawa ke sini untuk dimintai keterangan," imbuhnya.

Panwascam Tenggilis Mejoyo masih menelusuri adanya temuan imbauan memilih salah satu paslon dari perempuan tersebut yang dilaporkan pelapor.

"Dari pelapor ada imbauan keterangan pelapor tapi kita harus menelusuri kebenarannya, dengan memanggil terlapor," pungkasnya. (Ar)





0 komentar:

Posting Komentar