Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 21 November 2021

Kapolda NTB: Jangan Coba-coba Ganggu Keamanan WSBK Mandalika


KABARPROGRESIF.COM: (NTB) Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan pihaknya siap mengamankan ajang WSBK Mandalika 2021.

WSBK Mandalika menjadi kali pertama dalam 24 tahun terakhir Indonesia menggelar balapan sepeda motor internasional. Sorotan dunia pun tertuju ke Lombok akhir pekan ini.

Kesempatan menggelar balapan internasional juga menghadirkan tantangan besar, salah satunya dari segi keamanan. 

M. Iqbal menjabarkan kesiapan Polda NTB mengamankan WSBK Mandalika 2021.


Berikut hasil wawancara dengan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Sabtu (20/11):

1. Bagaimana persiapan keamanan WSBK Mandalika?

Yang jelas kita dari lima koridor utama, pintu utama, di bandara dan 4 pelabuhan laut. 

Bandara itu Bandara Internasional Lombok, pelabuhan Gili Mas, Lembar, Kayangan dan Bangsal. Kita sudah mempersiapkan semua personel pengamanan, dan tentunya bergabung dengan TNI dan seluruh stakeholder.

Dari sana kami lakukan pengawalan, terus juga ada personel yang menjaga dari aspek lalu lintas dan gangguan keamanan. 

Bahkan kami juga melakukan patroli skala besar, pesannya adalah pertama kalau ada kemacetan, ada tim pengurai kemacetan.

Kedua patroli show of force, pesannya adalah TNI/Polri menyampaikan jangan coba-coba melakukan gangguan keamanan bagi calon-calon pelaku, mereka akan berhadapan dengan kami.

Ketiga patroli kepatuhan prokes, karena kita masih hidup di era pandemi, mereka melakukan imbauan kalau ada yang berkerumunan mereka harus menjaga jarak dan membagikan masker, dan lain-lain.

2. Seperti apa alur dan keamanan di sekitar Sirkuit Mandalika?

Sampai di area luar sirkuit seluruh bus ditempatkan di dua parkir besar, parkir timur dan parkir barat. Itu ada ribuan kendaraan, dari sana seluruh penonton yang akan mengakses ke sirkuit akan berpindah ke ratusan shuttle bus yang sudah dipersiapkan. 

Tapi sebelum pindah dilakukan cek tiket, aplikasi PeduliLindungi, apakah mereka terpapar Covid atau tidak, vaksin, dan lain-lain.

Setelah clear, mereka akan diperiksa teman-teman saya tidak membawa barang-barang berbahaya, setelah itu dibawa shuttle bus langsung masuk ke dua pintu masuk sirkuit menuju grand stand masing-masing.

Bukit-bukit juga kami amankan. Di 6 bukit itu ada 6 pos, di situ ada TNI, Polri dan stakeholder lainnya. 

Tapi kami tidak kaku, kami melakukan pengamanan, tidak mengusir masyarakat. Tapi jika terlalu ramai akan kami atur biar tidak bergerombol, tidak membawa barang-barang, kalau terlalu ramai kami tutup. Di sini sudah ada insert 1.765 personel di ring dua ini.

Prinsipnya InsyaAllah kami sudah sangat siap untuk melakukan jaminan keamanan berlangsungnya balapan WSBK hari ini dan besok.

3. NTB sedang mendapat sorotan internasional karena Lombok menggelar WSBK Mandalika. Apa tantangan terbesar bagi Polda NTB?

Saya kira kami memaknai ini sebagai suatu keberkahan. Saya tahu kami bukan hanya mengamankan dan melancarkan kesuksesan WSBK, tapi pandemi juga harus dijaga. 

Kalau saya ditanya tantangan terbesar saya kira tantangan itu saya jawab dengan adanya keberkahan, dengan adanya euforia, dan enjoy masyarakat. Masyarakat dari tanggal 12 sampai kemarin, masyarakat sangat bekerja sama dengan kami, mau menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Bahkan yang tidak memiliki tiket tidak mengakses ke sini, karena kami tutup, hanya yang punya tiket saja yang bisa masuk. Jadi tantangan itu saya jawab dengan masyarakat mampu bekerja sama dengan baik.

4. Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto berpesan seluruh anggota pengamanan WSBK Mandalika menjalankan tugas dengan sopan dan humanis. Seperti apa langkah konkretnya di lapangan?

Langkah konkret sejak awal saya sampaikan kita memang membentuk tiga tim, kita harus overestimated tidak boleh underestimated, kita tampilkan sosok negara hadir di tengah-tengah masyarakat. Tetapi ingat, semua mesin-mesin negara, manpower yang ada harus menyampaikan bahwa kami tuan rumah yang ramah, santun, dan penolong. Bukan hanya kita mengatur lalu lintas, tapi kami menolong. Bahkan apapun yang dikehendaki masyarakat, seluruh aparat TNI/Polri akan siap membantu. 

Intinya kami akan sangat humanis dan memperlakukan tamu sebagai tuan rumah yang baik.

5. Sirkuit Mandalika juga akan menggelar MotoGP pada Maret 2022 dan bahkan berpeluang menggelar F1. Apakah Polda NTB sudah memiliki cetak biru sistem keamanan karena kedua ajang itu akan lebih besar?

Kalau Anda lihat di seluruh Lombok manajemen keamanan sudah sangat siap. Bahkan pos-pos polisi dibranding WSBK. Jadi saya sampaikan ke teman-teman di bawah saya, bahwa ini adalah panggung pertama kita. 

Panggung ini kita jawab bahwa kita melakukan manajemen keamanan yang baik dan ketat, tapi humanis. Kami juga siap membranding, hingga kami juga mempromosikan. 

Artinya dari aspek keamanan Insyaallah ini aman, terus dari aspek prokes akan kita ketatkan. Artinya test case ini menjadi jawaban bahwa TNI, Polri, dan seluruh stakeholder sangat memperhatikan dua variabel gangguan keamanan dan gangguan protokol kesehatan.

6. Imbauan untuk penonton WSBK Mandalika?

Pertama taati semua peraturan yang berlaku, regulasi apapun. Kedua kita harus menjaga protokol kesehatan, jangan sampai ada klaster baru. Prokes adalah hal yang paling utama dan penting saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar