Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 15 Januari 2014

PASMAR-1 PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA





KABARPROGRESIF.COM : Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir M. Nadir memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2014 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (15/01/2014).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana TNI Dr. Marsetio dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Menart-1 Mar mengatakan upacara yang dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 15 Januari itu deangan tujuan untuk memperingati peristiwa heroik yang terjadi di laut Aru, pada lima puluh dua tahun silam. Yaitu peristiwa pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut yakni RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang Kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih. Dalam pertempuran tersebut, RI Macan Tutul tenggelam dan Komodor Yos Sudarso gugur sebagai Kusuma Bangsa.

Sebagai generasi muda penerus bangsa dan sebagai prajurit matra laut pengawal samudera, lanjutnya, sikap ksatria dan rela berkorban yang ditunjukkan oleh para pendahulu kita, sudah seharusnya dapat dijadikan contoh dan suri tauladan bagi kita semua, seyogyanya kita dapat meneladani nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pahlawan samudra separti semangat pengabdian yang tulus, ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa, maupun sikap teguh pada tujuan yang dilandasi keberanian dan jiwa ksatria sebagai prajurit matra laut sejati.

“Salah satu kunci keberhasilan perjuangan masa lalu yang dapat jadikan sebagai pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan seperjuangan, integritas, kerja keras, kerja cerdas, tanpa pamrih, serta lebih mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok,” tegasnya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar