Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 06 Januari 2014

Peringati HUT Ke-51, Kowal Tingkatkan Semangat Kebersamaan


KABARPROGRESIF.COM : Tanggal 05 Januari 2014, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) genap berusia  51 tahun. Puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Kowal dilaksanakan dengan upacara parade dan defile di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (06/01). Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum dengan Komandan Upacara Letkol Laut (S/W) Dra. Anita Luswati dari Puspenerbal, Juanda Surabaya.

Pasukan upacara terdiri dari empat Batalyon Gabungan Kowal, Kowad, Wara, Polwan, PNS Wanita, siswi Sekesal Kobangdikal, siswi SMA Hangtuah 1 serta siswi Pramuka Saka Bahari. Puncak acara peringatan HUT Kowal tahun 2014 dimeriahkan dengan demontrasi bela diri karate, demo ketangkasan senjata kolone senapan, senam poco-poco, pagelaran campur sari dan tarian tradisional.

Dalam amanatnya yang dibacakan  Pangarmatim, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun, pada hakikatnya merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, anugerah dan bimbingan oleh-Nya selama ini, sekaligus sebagai momentum untuk melaksanakan evaluasi dan introspeksi dalam menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja Korps Wanita Angkatan Laut menjalankan peran, tugas dan fungsinya dalam organisasi.

Pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut, lanjut Kasal, pada awalnya diarahkan untuk mewadahi wanita Indonesia di bidang kemiliteran, serta mengisi jabatan dalam organisasi TNI Angkatan laut guna memenuhi tuntutan tugas organisasi sejalan dengan emansipasi wanita Indonesia. Dalam perjalanan dan pengabdiannya sebagai prajurit wanita TNI Angkatan laut hingga mencapai 51 tahun, Kowal telah membuktikan kiprahnya baik dalam melaksanakan tugas di staf maupun di lapangan dengan baik, kata Kasal.

Diusia lebih dari setengah abad, kiprah Kowal telah menorehkan berbagai prestasi dalam kancah penugasan TNI AL, bahkan ikut serta dalam penugasan internasional, diantaranya turut serta menjaga perdamaian dunia melalui Kontingen Garuda. Suatu kehormatan bagi Kowal dipercaya untuk bergabung dengan pasukan multi nasional di berbagai negara yang sedang dilanda konlik, seperti bergabung dalam United Nation Interim Force In Lebanon (UNIFIL) di Lebanon kemudian Mission de l'Organisation des Nations Unies en République démocratique du Congo (MONUC) di Kongo, Afrika.

Dengan motto “Pengabdian dan Kehormatan Adalah Jiwaku”, Kowal telah mampu menunjukkan kualitas pengabdiannya secara profesional dan membanggakan. Hal itu terbukti dengan diberikannya kepercayaan oleh pimpinan TNI AL kepada beberapa prajurit Kowal untuk menyandang pangkat Perwira Tinggi bintang dua yakni Laksamana Muda TNI Chirstina Rantetana, S.K.M., M.Ph. Selain itu beberapa prajurit Kowal juga dipercaya menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan laut (Lanal) tipe “B”.

Selaras dengan prestasi nasional maupun internasional yang telah berhasil ditorehkan oleh prajurit Kowal maka dalam peringatan hari jadinya yang ke-51, Kowal menugusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kualitas Pembinaan Personel Kowal Guna Meningkatkan Profesionalisme Prajurit Berkelas Dunia”. Melalui tema tersebut diharapkan  dapat memupuk semangat pengabdian Kowal kepada bangsa dan negara dalam rangka menuju TNI Angkatan Laut kelas dunia atau World Class Navy.

Sebagai rangkaian kegiatan dalam menyambut hari jadinya ini, Kowal telah melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain bhakti sosial berupa pengobatan dan pemberian paket sembako gratis kepada warga yang bermukim di kampung nelayan Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, serta donor darah bekerja sama dengan PMI Surabaya. Selain itu juga dilaksanakan  berbagai perlombaan antara lain lomba menembak kategori senjata laras pendek jenis Pistol untuk Perwira, menembak dengan senjata laras panjang untuk Bintara. Selanjutnya digelar pertandingan bola voli antar Kowal se-Kotama TNI AL wilayah Surabaya, lomba memasak dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Surabaya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar