Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 25 Oktober 2016

Jaksa Masuk Sekolah, Pelajar SMAN Komplek Ngaku Terkesima



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Ratusan pelajar SMA mengikuti program penyuluhan bertemakan 'Jaksa Masuk Sekolah' yang digelar oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya di SMA Komplek, Selasa (25/10/2016). Dalam penyuluhan tersebut,  Kejari Surabaya mensosialisasikan tentang hukum dan tugas seorang jaksa.

Dalam penyuluhan tersebut, sejumlah pejabat dari lingkungkan dinas pendidikan Surabaya turut hadir diantaranya, Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan beberapa kepala sekolah dari SMA Negeri 2, SMA Negeri 1, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 9. Sementara dari Kejari Surabaya dihadiri Didik Farkhan Alisyahdi, Kepala Kejari Surabaya dan Didik Adyotomo, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Surabaya.

Dalam acara tersebut, selain diisi penyuluhan tentang fungsi dan tugas seorang jaksa, Kejari Surabaya juga memberikan materi perihal kejatahan pidana yang dilakukan oknum pelajar. "Kejahatan kriminal saat ini sedang ngetrend di kalangan pelajar. Baru-baru ini, ada pelajar yang membunuh kekasihnya. Lebih miris lagi, ada anak-anak pelajar sekolah dasar yang sudah berhubungan suami-istri," terang Didik Farkhan saat memberikan sambutan di hadapan para pelajar.

Tak hanya diisi dengan materi yang serius saja, untuk lebih mendekatkan diri dengan para pelajar, beberapa jaksa dari bidang intelejen Kejari Surabaya juga menggelar acara Stand Up Comedy dan sulap. Para pelajar pun terlihat sangat antusias saat mengikuti penyuluhan tersebut.

Usai penyuluhan, Didik Farkhan Alisyahdi menjelaskan, program ini memang memfokuskan kepada para pelajar di Surabaya. Tujuannya karena saat ini tengah ngetrend para pelajar terlibat tindak pidana kejahatan. "Karena itulah kami sebagai salah satu penegak hukum mencoba memberikan penerangan hukum dengan masuk ke sekolah-sekolah," terangnya.

Ia menambahkan, program ini bertujuan agar para pelajar tidak terlibat dalam kejahatan tindak pidana. "Minimal para pelajar sudah memahami hukum dan tugas jaksa. Juga pada prinsipnya program ini para pelajar bisa kenali hukum dan jauhi hukuman," jelas Didik.

Sementara itu, Ikhsan mengaku sangat mendukung program 'Jaksa Masuk Sekolah' yang digelar oleh Kejari Surabaya. Bahkan nantinya bekerja sama dengan Kejari Surabaya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya berencana menggelar lomba antar pelajar. "Tujuannya agar sosialisasi tentang hukum lebih mudah dikenal oleh para pelajar di Surabaya. Jadi dalam hal ini para pelajar bisa mensosialisasikan hukum kepada pelajar lainnya dengan versi mereka sendiri dan dengan jangkauan yang lebih luas lagi," ungkapnya.

Terpisah, Dovina Siswi SMAN 1 mengaku terkesima dengan pemaparan hukum yang disampaikan Kajari Surabaya, Didik Farkhan Alisyahdi. "Dengan acara seperti ini kita menjadi tau apa itu hukum dan apa peranan jaksa dalam penegakan hukum,"ucap gadis yang duduk dibangku kelas XI.

Senada dikatakan Adrian, Siswa SMAN 1 Kelas XII. Menurutnya, kegiatan jaksa masuk sekolah ini lebih sering dilakukan disekolahnya."Ini sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih menyadarkan kami akan aturan hukum, kami harap acara seperti ini sering-sering dilakukan Kejaksaan,"jelas Adrian saat dikonfirmasi disela-sela acara sosialisasi. (Komang)

0 komentar:

Posting Komentar