Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 20 Oktober 2016

LPS Berikan Kemudahan Dan Jaminan Terhadap Masyarakat



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai  fungsi menjamin simpanan nasabah penyimpanan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan kali ini memberikan penjelesan tentang pertumbuhan Dana Pihak Ketiga ( DPK) 

Dijelaskan Poltak L Tobing, Executive Vice President LPS,  DPK diperkirakan peningkatannya berkisar antara  bakal melonjak 10 persen pertahun. Dan justru meningkat 12 hingga 15 persen per tahun.

“Kenaikan tersebut sudah terjadi di tahun 2006, pas setahun LPS berdiri dan hingga sampai saat ini DPK pun melaju diatas angka 10 persen,” Kata Poltak  saat gelar presscon dengan awak media, Rabu  (19/10/2016) di Surabaya

Masih kata Poltak, peningkatan DPK  masih belum menyaingi pertumbuhan asset LPS sekitar Rp 72 triliun dan dari modal pemerintah sekitar Rp 4 triliun.

“Harusnya kalau target 2,5 persen dari total dana pihak ketiga (DPK) di perbankan, maka aset LPS sudah mencapai Rp 110 trillun. Apalagi kini bank umum yang terdaftar LPS di Indonesia sudah 118 bank. Data bank yang tercatat tersebut, ada 187 juta rekening yang menyimpan dana Rp 4.678 triliun. Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berjumlah 1.794 bank dengan 12 juta rekening yang mengantongi dana Rp 76 triliun,” papar Poltak.

Ditempat yang sama Suyatno, Ketua Perbarindo Jawa Timur menerangkan,saat kini BPR Jawa Timur telah melakukan perkembangan yang positif,dikarenakan simpanan dari masyarakat saat sudah tumbuh 20 % per tahun.

“Ini menandakan masyarakat mulai percaya kepada BPR, ditambah lagi jika LPS yang memberikan jaminan penuh untuk dana simpanan mereka di BPR,”  Pungkasnya  (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar