Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 28 Oktober 2018

Siswa Marinir Gelar Tahapan Operasi Amfibi di Banongan


KABARPROGRESIF.COM : (Situbondo) Sedikitnya 438 siswa Dikmata Angkatan XXXVIII/1  kejuruan Marinir yang tengah mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal)  melaksanakan Lattek tahapan pendaratan amfibi di Perairan Tanjung Jangkar Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo dalam rangkaian Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan siswa Kodiklatal Wira Jala Yudha VIII/2018.

Lattek operasi amfibi siswa Marinir  di Pantai Banongan tersebut dipimpin Langsung oleh Komandan Sekolah Tamtama Infanteri (Dansetaif) Kodikmar  Kodiklatal Letkol Marinir Faried Syafri Ahmad, M.Tr. (Hanla) dan disaksikan langsung Direktur Latihan Kolonel Laut (P) Tunggul serta Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat)  Wira Jala Yudha VIII/2018 Letkol Laut (P) Hasto Sarwono, S.E., M.Tr. (Hanla).

Adapun Lattek pendaratan ini melibatkan Alutsista KRI Surabaya-591 dengan meggunakan Landing Craft Vehicle Personel (LCVP).

Sebelum pelaksanaan Lattek Pendaratan,Direktur Latihan Kolonel Laut (P) Tunggul menyampaikan agar seluruh siswa mengikuti seluruh tahapan dan mematuhi standar dan prosedur latihan yang telah ditetapkan para pelatih untuk kelancaran dan keamanan personel maupun materiil.

Menurutnya dalam Lattek pendaratan tersebut merupakan pengalaman yang sangat berharga sebagai prajurit Korps Marinir sekaligus bekal dalam mengawaki dan mengoperasikan Alutsista TNI AL, untuk itu diharapkan para prajurit terus berlatih untuk menjadi Prajurit yang profesional.

Prosesi Latihan pendaratan amfibi diawali dengan taklimat dari Palaksa KRI Surabaya-591 Mayor Laut (P) M.Achnaf selaku Pangkogasgabfib. “ Para prajurit TNI Angkatan Laut yang saya banggakan, disini Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi, musuh sudah di depan mata rebut dan tegakkan kembali kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim saya perintahkan daratkan pasukan pendarat, Tuhan Yang Maha Esa ALLAH SWT bersama kita”. Setelah pelaksanaan taklimat meluncurlah LCVP gelombang pertama  kemudian dilanjutkan  gelombang berikutnya.

Lattek Tahapan serbuan operasi amfibi ini juga melibatkan para siswa korps kesehatan yang tengah menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Kodikdukum Kodiklatal, dengan tujuan agar para siswa bisa mengaplikasikan pelajaran teori yang sudah di dapatkan di kelas baik tentang penanganan personel maupun proses evakuasi personel  yang mengalami permasalahan saat latihan.   

Selain disaksikan Dirlat, Palaklat, Staf Latihan dan Waslat,  para Pabingsis dan bingsis, Lattek Tahapan Serbuan Operasi amfibi juga disaksikan seluruh siswa peserta Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar