Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 25 September 2020

Suko Widodo: Branding dan Marketing Er-Ji Sangat Gencar di Pilwali Surabaya Bisa Berdampak Positif



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya nomor urut 1 Eri Cahyadi dan Armuji (Er-Ji) dinilai cukup taktis berpemasaran politik/ marketing politis saat ini dalam gelaran Pilwali Surabaya. 

Menurut pengamat politik Universitas Airlangga Suko Widodo, Er-Ji gencarnya untuk membranding diri di media sosial bisa mengisi ruang kosong informasi Pilwali. 

Menurutnya, hal itu berdampak positif bagi peningkatan popularitas Eri Cahyadi dan Armuji. Sehingga masyarakat yang belum mengetahui personal Eri dan Armuji, bisa semakin paham. 

Apalagi selama ini Eri-Armuji selalu memakai tagline ‘Penerus Risma’.

“Branding dan marketing Eri-Armuji saya lihat sampai saat ini paling gencar ya. Cerug pemilih Tri Rismaharini mulai melihat siapa sih penerusnya. Menurut saya Eri-Armuji berhasil membranding diri untuk hal tersebut,” kata Suko, Kamis (24/9/2020).

Suko mengatakan, jika marketing dan branding sosok Eri-Armuji itu bisa dikelola dengan baik bukan hanya bisa mempopulerkan pasangan itu.

Namun juga meningkatkan daya pilih masyarakat terhadap calon yang diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI tersebut.

“ini perlahan-lahan kalau dikelola dengan baik dan tepat, elektabilitas mereka bisa naik. Persaingan kedua paslon bisa semakin ketat,” katanya.

Meski begitu, Suko mewanti-wanti kepada paslon Eri-Armuji dan timnya terhadap dukungan yang terus mengalir untuk paslon Machfud Arifin-Mujiaman. 

Sebab menurutnya, mesin politik MA-Mujiaman tidak boleh diragukan. Dengan dukungan 8 parpol pengusung dan relawan-relawan, bukan tak mungkin MA-Mujiaman bisa meraup suara yang signifikan pula.

“Persaingan akan ketat. Eri-Armuji harus bisa mewaspadai hal-hal lainnya. Mereka harus benar-benar memanfaatkan akar rumput PDIP yang kuat itu untuk sosialisasi, siapa sih Eri-Armuji itu ke warga,” katanya.

Seperti diketahui, Eri Cahyadi-Armuji (Er-Ji) merupakan paslon nomor urut 1 yang diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. 

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari 6 partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Perindo, PKPI, dan Partai Garuda.

Sebelumnya, Eri Cahyadi merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki jenjang karir yang mirip dengan Risma. 

Eri Cahyadi memulai karir di Dinas Bangunan pada 2001. 

Ia kemudian pernah menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang.

Pada 2018 hingga 2020, Eri Cahyadi mengemban tugas sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. 

Di sisi lain, ia juga diamanahi menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH).

Sementara itu, Armuji merupakan kader PDIP Surabaya yang mendapat tugas partai untuk menjadi anggota DPRD Kota Surabaya. 

Ia memulai karirnya di dewan sejak tahun 1999 pasca reformasi di Indonesia. Di tahun itu pula Armuji menjadi Ketua DPRD hingga 2004.

Dari 2004 hingga 2014, ia kembali menjadi Anggota DPRD Kota Surabaya. 

Ia terpilih lagi pada pileg tahun 2014-2019. Tahun 2014-2019, ia kembali menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya. 

Hingga akhirnya ia berpindah tugas ke DPRD Jawa Timur ketika terpilih pada Pileg 2019-2024. (Ar)

0 komentar:

Posting Komentar