Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 24 Juli 2015

Kejari Surabaya Launching Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi

Masyarakat Bisa Ikuti Perkembangan Penanganan Perkara Dengan Satu Jari 


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan transparansi informasi guna peningkatan pelayanan publik, Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya terus melakukan terobosan. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk website.


Aplikasi berbasis teknologi itu diresmikan, Kamis (23/7/2015). "Tujuan proyek ini untuk memudahkan masyarakat pencari keadilan untuk mengakses informasi terkait perkembangan proses penanganan perkara yang sedang ditangani Kejari Surabaya. Cukup klik www.kejari-surabaya.go.id, maka semua informasi perkembangan perkara mudah dilihat oleh publik,"ujar Kajari Surabaya, Tomo Sitepu.

Dijelaskan Tomo, peluncuran program tersebut dilatar belakangi oleh besarnya jumlah perkara yang ditangani Kejari Surabaya saat ini.

Dengan besarnya jumlah perkara yang ditangani ini, secara otomatis meningkatkan kinerja dan menyita banyak waktu jaksa di Pengadilan.

Hal itu berdampak pada kesulitan masyarakat untuk mendapatkan informasi  perkembangan penanganan perkara yang sudah masuk di Kejari Surabaya melalui keterangan langsung dari jaksa yang bersangkutan.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat lebih mudah mengikuti perkembangan proses penanganan perkara tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor kejaksaan.

"Disamping itu, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat bisa sama-sama melakukan pengawasan penanganan perkara yang sedang ditangani. Selain untuk peningkatan pelayanan publik, aplikasi keterbukaan informasi publik ini diharapkan mampu menciptakan kepercayaan publik (trust public) terhadap kinerja jaksa," tambah Tomo.

Tak hanya bisa mengikuti dan menanyakan perkembangan informasi penanganan perkara, masyarakat pun bisa menuangkan aspirasi, opini, informasi maupun pendapatnya terhadap kinerja jaksa dan segala hal yang berkaitan dengan perkara dalam website tersebut.

"Pertanyaan dari stakehoulder atau masyarakat yang ditujukan di website tersebut, nantinya bakal dijawab langsung oleh jaksa yang bersangkutan," tambah Tomo.

Tomo menambahkan, nantinya masyarakat dapat menuangkan aspirasinya atau menulis komentar atau kritik terhadap kinerja Jaksa Kejari Surabaya melalui website tersebut.

Selain itu, dengan adanya website ini, pimpinan (Kajati Jatim) maupun Asisten Pengawasan (Aswas) dapat memantau setiap penanganan perkara yang ditangani Jaksa Kejari Surabaya dan  bila ditemukan penanganan perkara yang tidak sesuai SOP, maka pimpinan maupun Aswas dapat menindak tegas Jaksa yang menangani perkara itu.

“Selain dapat menjawab aspirasi atau kritikan publik terkait kinerja Kejari Surabaya dalam penanganan perkara. Aplikasi ini juga dapat sebagai pantauan pimpinan dalam mengawasi kinerja Jaksa di Kejari Surabaya,” tambahnya.

Tampak juga hadir dalam acara ini Elvis Johnny Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim didampingi Asisten Pengawasan (Aswas) Arif dan Masnunah Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Jatim.

Menurut Elvis, program yang diluncurkan Kejari Surabaya ini, merupakan hal positif yang bisa dicontoh oleh jajarannya lainnya.

"Bagus sekali program yang diluncurkan ini, hal ini merupakan upaya peningkatan pelayanan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja jaksa dan dapat dicontoh dan diaplikasikan oleh Kejari-kejari lainnya di jajaran Kejati Jatim," terang Elvis.(Komang)

0 komentar:

Posting Komentar