Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 01 Juli 2016

Kasrem 082/CPYJ Tinjau Latihan Posko-1 Kodim 0815 Mojokerto



KABARPROGRESIF.COM : (Mojokerto) Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodal Operasional, Korem 082/CPYJ menyelenggarakan Latihan Posko-1 Tingkat Kodim TA. 2016, yang dilaksanakan di Kodim 0815/Mojokerto selama 3 hari (28 s/d 30 Juni 2016).
        
Kegiatan Lat Posko-1 TA. 2016 Tingkat Kodim 0815 Mojokerto yang berlangsung di Makodim 0815 Jl. Majapahit No. 1 Kota Mojokerto.   Seperti kita ketahui bersama bahwa Wilayah Kodim 0815 Mojokerto khususnya Kabupaten Mojokerto kerap kali mengalami bencana alam mulai banjir hingga tanah longsor. Karena letak geografis pegunungan dan lembah ditambah perubahan iklim akibat pemanasan global yang memicu terjadinya bencana alam, terutama di Kawasan Rawan Bencana (KRB) seperti Kec. Gondang, Kec. Pacet dan Kec. Trawas.

Korem 082/CPYJ menyelenggarakan Latihan Posko-1 Tingkat Kodim TA. 2016 dengan tema “KODIM 0815 MOJOKERTO MELAKSANAKAN OPERASI BANTUAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI WILAYAH MOJOKERTO DALAM RANGKA OPERASI BANTUAN KEPADA PEMDA KAB. MOJOKERTO”

Pihak Penyelenggara yang diwakili Kasi Ops Rem 082/CPYJ, Letkol Inf Agus Sudjijanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini direncanakan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan antara Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi serta komando dan pengendalian dalam penanggulangan bencana alam. Penyelenggaraan Latihan Posko ini juga sebagai upaya untuk mensinergikan peran antar instansi terkait dalam penanggulangan bencana alam.

Lebih lanjut Kasi Ops Rem 082/CPYJ, mengatakan selain tujuan dan sasaran, pihaknya juga ingin mengembangkan tentang tugas - tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya perbantuan TNI kepada Pemda dalam penanggulangan bencana sesuai UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dalam latihan penanggulangan bencana mulai tahap Pra Bencana, Tanggap Darurat dan Pasca Bencana dengan pelibatan personel minimal 450 orang pada tahap Tanggap Darurat. Kegiatan Latihan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, pada hari kedua Latihan Posko Tingkat Kodim 0815 mendapat kunjungan dari Kasrem 082/CPYJ, Letkol Arh Drs. Supyan, MT.

Dalam Latihan Posko-1 TA. 2016 juga dihadiri Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, para Kepala Dinas / SKPD  terkait penanggulangan bencana Kabupaten Mojokerto, para Kasi/Pasi Korem 082/CPYJ dan para Danramil jajaran Kodim 0815/Mojokerto.(andre)

0 komentar:

Posting Komentar