Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 16 Januari 2019

Ini Pesan Wali Kota Risma ke 16 Anak Surabaya yang Akan Tanda Tangan Kontrak Jadi Pramugari Citilink


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Setelah melalui proses tes yang panjang dan ketat, kini sudah terpilih 16 anak Surabaya yang akan menjadi pramugari Cilink. 16 anak yang mendapatkan beasiswa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu, Jumat lusa (18/1/2019), akan menandatangani kontrak kerja dengan PT Citilink Indonesia di Jakarta.

Sebelum berangkat ke Jakarta, mereka berpamitan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di rumah dinas wali kota Jalan Sedap Malam, Rabu (16/1/2019). Wali Kota Risma pun menyampaikan beberapa pesan kepada mereka yang semuanya berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu.

Pesan pertama yang disampaikan Wali Kota Risma adalah mereka diminta untuk selalu menjaga sikap. Sebab, selama masa pendidikan menjadi pramugari, mereka sudah dibiayai oleh APBD yang merupakan uang rakyat Surabaya.

“Apalagi, ini banyak sekali yang ingin masuk pramugari. Bahkan, ada pegawai Pemkot Surabaya yang minta tolong anaknya dimasukkan, tapi tidak bisa kalau sifatnya pribadi, jadi saya minta tolong jaga sikap kalian,” kata Wali Kota Risma dihadapan 16 anak itu.

Kedua, Wali Kota Risma juga meminta kepada mereka untuk selalu menghormati kontrak dengan Citilink. Sebab, semua ini bisa terealisasi karena Citilink membuka diri. Oleh karena itu, apabila nantinya ada yang lebih bagus menawari kontrak kepada anak-anak ini, Wali Kota Risma meminta untuk tetap konsisten terhadap kontrak dengan Citilink.

“Jadi, saya ingin sampaikan kepada kalian, harus selalu konsisten memenuhi kontrak itu sampai selesai. Harus dipenuhi kontrak Cilink itu sampai selesai,” ujarnya.

Ketiga, Wali Kota Risma meminta kepada mereka untuk membantu adik-adiknya, orangtua dan saudara-saudaranya maupun tetangganya. Oleh karena itu, apabila mereka nanti mendapatkan gajian pertama, Wali Kota Risma meminta untuk membantu orang tuanya atau tetangganya yang masih kekurangan. Sebab, ia ingin uang rakyat itu bisa terus bergulir untuk membantu orang lain yang kekurangan.

“Saya tidak ingin kalian mengembalikan apapun. Tapi saya nitip kepada kalian, kalau nanti sudah dapat gajian, ringankanlah beban orangtuamu, bantulah adik-adikmu. Seperti kemarinnya anak-anak yang sudah jadi pilot, langsung nitip uang di Kampung Anak Negeri,” kata dia.

Keempat, Wali Kota Risma meminta kepada mereka untuk tidak minder ketika nantinya akan bergaul dengan anak-anak orang kaya. Menurut Wali Kota Risma, semuanya sama dan tidak boleh merasa menjadi orang yang kurang mampu. “Kalau nanti kalian lihat teman-temannya memakai sesuatu, ya gak usah kepengen. Gak usah minder dan jangan merasa kalian kekurangan,” imbuhnya.

Kelima, mereka juga diminta untuk menjaga integritas bahwa mereka membawa nama baik dan kehormatan Kota Surabaya. Karenanya, ia meminta untuk tetap menjadi diri sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh yang lain.

“Kalian pergi atas nama Kota Surabaya, jangan sia-siakan itu. Ingat pesan ibu, ingat saudara-saudara kalian dan jangan pernah berubah. Harus tetap menjadi diri kalian sendiri,” tegasnya.

Keenam, Wali Kota Risma meminta kepada mereka untuk selalu rukun selama kos di Jakarta. Bahkan, ia meminta untuk tidak sakit hati apabila diingatkan oleh teman-temannya, karena itulah keluarganya di Jakarta. Oleh karena itu, Wali Kota Risma meminta untuk rukun dan saling memahami.

“Pasti bisa bersatu asal kalian bisa menghargai perbedaan. Percayalah, kalau kalian menjadi orang baik, maka diri kalian sendiri yang akan mengangkat kalian,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan Surabaya Ikhsan mengatakan para penerima beasiswa pendidikan pramugari ini akan menandatangani kontrak kerja pada 18 Januari 2019 mendatang. Selanjutnya, pada 21 Januari 2019 langsung menjalani training.

"Training berlangsung selama empat bulan, setelah itu mereka terbang," katanya.

Ia memastikan bahwa mereka ini sudah melalui proses panjang yang sangat ketat. Bahkan, pada saat seleksi itu, Dirut dan tiga Direksi PT Citilink Indonesia sendiri yang mengetesnya, sehingga mereka sudah benar-benar dipilih oleh pihak Citilink.

Michelle Noor Azzaro, salah satu penerima beasiswa pendidikan pramugari Citilink mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemkot Surabaya dan Wali Kota Risma yang telah menyediakan beasiswa yang sangat luar biasa ini. Ia juga sadar bahwa kalangan keluarga yang kurang mampu seperti mereka sangat tidak mungkin menempuh pendidikan pramugari, tapi berkat bantuan Pemkot Surabaya semuanya itu bisa mungkin terjadi.

“Kami dan orang tua kami menyampaikan banyak terimakasih kepada Bu Risma yang telah menyediakan program ini. Akhirnya kami bisa menempuh pendidikan yang tidak pernah kami bayangkan,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar