Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 15 Januari 2019

Prajurit Yonmarhanlan V Ikuti Upacara Dharma Samudera di Lantamal V


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V melaksanakan upacara peringatan Hari Darma Samudera tahun 2019 di Lapangan Mako Lantamal V Jl. Laksda M. Nazir No 56 Perak Surabaya, Selasa (15/1).

Kegiatan upacara Peringatan Hari Dharma Samudera  tersebut dipimpin langsung oleh Danlantamal V Laksma TNI Edwin, S.H,. M.Han.

S.H dan dihadiri oleh Wadan Lantamal V, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker Lantamal V serta segenap prajurit Lantamal V lainnya.

Upacara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini merupakan upacara memperingati gugurnya sang kusuma bangsa Komodor Yos Sudarso  bersama awak RI Macan Tutul pada peristiwa heroik dalam upaya mempertahankan NKRI yang terjadi di laut Aru pada 57 tahun silam.

Pertwmpuran yang terjadi pada 15 Januari 1962 ini, melibatkan tiga kapal cepat terpedo TNI AL yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih pada masa itu.

Dalam amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma aji , S.E.,M.M yang dibacakan oleh Danlantamal V Surabaya Laksma TNI Edwin, S.H mengatakan bahwa sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit Matra Laut pengawal samudera, sikap ksatria dan rela berkorban yang ditunjukan oleh para pendahulu kita sudah seharusnya dapat dijadikan contoh dan suri tauladan bagi kita semua.

"Kita dapat meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan samudera seperti semangat pengabdian yang tulus ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa maupun sikap teguh pada tujuan yang dilandasi keberanian dan jiwa kesatria sebagai prajurit Matra Laut sejati," pinta Kasal.

Diakhir amanat, Kasal berharap personel TNI AL dan generasi penerus bangsa dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan patriotisme dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra Laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang andal dan disegani serta berkelas dunia. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar