Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 24 Januari 2022

Meski Di Terjang Gelombang, Persahabatan Dua Kapal Perang InI Makin Kompak


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Laut Jawa saat ini kurang bersahabat. Tinggi gelombang yang mencapai 2,5 meter akan menyurutkan niat kebanyakan pelaut untuk berlayar. 

Namun, tidak demikian bagi KRI Diponegoro-365 yang saat itu sedang melaksanakan Operasi Komodo Jaya. 

Tidak hanya berlayar, kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II ini justru melaksanakan Passex (Passing Exercise) dengan Kapal Perang Republik Singapura. 

Latihan yang berlangsung pada Senin (24/1) ini, melibatkan dua Angkatan Laut, yakni TNI AL yang diwakili oleh KRI Diponegoro-365 dan RSN (Republic of Singapore Navy) diwakili oleh RSS Endeavour-210. 

Keduanya melaksanakan latihan dalam beberapa serial, yang terdiri dari Pubex (Publication Exercise), Flag Hoist Exercise, Manex (Manoeuvring Exercise), dan diakhiri dengan Sail Past. 

Terkait latihan tersebut, Komandan Satkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Tunggul secara terpisah menyampaikan bahwa selain untuk melatih profesionalisme prajurit, serial latihan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan persahabatan yang lebih erat antara TNI AL dan RSN, yang selama ini sudah berjalan baik.

"Sejalan dengan perintah Kasal dan Pangkoarmada II, yaitu,  apabila bertemu dengan kapal perang negara lain di perairan yurisdiksi Indonesia, KRI wajib melaksanakan komunikasi dan jika memungkinkan melaksanakan latihan bersama guna menjalin hubungan baik dengan Angkatan Laut negara lain, " terang Kolonel Tunggul. 

Ia pun menambahkan, latihan bersama antara TNI AL dan RSN menunjukan bahwa alam yang kurang bersahabat tidak menghalangi semangat persahabatan yang dijalin oleh dua kapal perang. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar