Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 24 Maret 2024

Tingkatkan Kemampuan Unsur MTF, Heli HS-1305 Cross Deck Landing Exercise di Kaprang Yunani HS Spetsai F-453


Mediterania - KABARPROGRESIF.COM Pada tahapan On Task ke-10, Helikopter AS 565 MBe Panther HS-1305 di bawah binaan Skuadron 100 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal), yang tengah on board di KRI Diponegoro-365 dalam misi Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/Unifil, kembali mendapatkan kesempatan emas untuk berlatih meningkatkan kemampuan antar unsur Maritime Task Force (MTF) Unifil.

Materi latihan yang dilaksanakan Helikopter AS 565 MBe Panther HS-1305 dalam misinya kali ini, adalah Cross Deck Landing Exercise antara KRI Diponegoro-365 (Indonesia) dan Kapal Perang (Kaprang) HS Spetsai F-453 (Yunani) di Laut Mediterania pada Sabtu (23/3/2024) kemarin.

HS Spetsai F-453 merupakan kapal perang Negara Yunani yang baru bergabung dalam Satgas MTF Unifil menggantikan kapal sebelumnya, HS Linmos F-451 yang telah selesai menjalankan misinya.

Heli HS-1305 yang diawaki Kapten Laut (P) Rayendra Jaka selaku Captain Pilot dan Lettu Laut (P/W) Michelle selaku Copilot, Heli take off dari KRI Diponegoro-365 untuk selanjutnya melaksanakan Photo Exercise formasi antara dua kapal perang tersebut.

Kemudian dilanjutkan Hand Over Air Controller dari KRI Diponegoro ke HS Spetsai untuk selanjutnya dikontrol melaksanakan touch and go dengan metode visual approach sebanyak dua run baik pada saat landing dan take off.

Menurut Komandan KRl Diponegoro, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, Latihan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme pilot dan seluruh Tim Heli Deck Party KRI Diponegoro dan HS Spetsai, juga untuk meningkatkan hubungan kerjasama bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dengan Yunani.

Apresiasi yang tinggi, juga telah disampaikan oleh Komandan Kapal HS Spetsai kepada KRI Diponegoro dan Crew Heli HS-1305 atas kerjasama latihan yang telah dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai rencana.

Diharapkan latihan sejenis dapat dilaksanakan secara rutin dan bertahap di on task berikutnya untuk mempererat hubungan antara negara sesama unsur MTF Unifil.

0 komentar:

Posting Komentar