Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 24 Oktober 2015

Targetkan Swasembada Jagung, Babinsa Cek Tanaman Jagung di Tanjung Bumi Bangkalan

KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., pastikan jajaran Kodim 0829/Bangkalan, dari Koramil hingga Babinsa intensifkan pendampingan petani melaksanakann pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai. Sabtu, (24/10/2015).

Hal ini terkait dengan musim kemarau yang terjadi hingga saat ini belum ada tanda-tanda hujun akan turun.   Selain itu untuk mensukseskan tujuan pokok program swasembada pangan di wilayah Bangkalan.

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menginstruksikan kepada Bintara Pembinan Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering di musim kemarau ini. Di samping itu para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah kabupaten Bangkalan ini.

“Koramil sampai Babinsa langsung saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, mengceken keadaan tanaman yang selama ini sudah di laksanakan.  Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Dandim saat ditemuai di Makodim 0829/Bangkalan, tadi pagi.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mentargetkan keberhasilan program swasembada pangan pada tahun 2017 termasuk swasembada jagung, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk mensukseskan program swasembada pangan tidak hanya padi dan kedelai saja namun jagung juga sangat berpotensi meningkat di Kabupaten Bangkalan.

Dikatakan Dandim, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi.
Sementara pantauan di lapangan, Komandan Koramil (Danramil) 0829/17 Tanjung Bumi, Kapten Inf Setyo Bekti dan Babinsa Serda Purwato di lokasi  sedang mengecek dan menggontrol perkembangan tanaman  kelompok tani di wilayah binaannya, milik Sadroli di Desa Bumi Anyar.  Hasil tanaman baik, diperkirakan hasil panen akan meningkatkan dari musim sebelumnya.

Kapten Inf Setyo Bekti, mengatakan tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin.

“Waktu pembukaan swasembada pangan beberapa waktu lalu, Dandim sudah menegaskan bahwa program ini harus berhasil. Ini merupakan tantangan bagi kami dan swasembada pangan ini tidak boleh gagal,” ujarnya.

Dikatakan Setyo Bekti, untuk mencapai hasil yang maksimal bahkan Babinsa saya perintahkan ikut menemani petani menanam padi ke sawah agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal,” tegasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar