Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 31 Maret 2016

Pembibitan Pohon di Kodim 0804/Magetan

KODIM 0804 MAGETAN


KABARPROGRESIF.COM : (Magetan) Kodim 0804/Magetan membuat  Pembibitan di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten  Magetan untuk mendukung  Penghijauan Lahan. Rabu(30/3/2016)

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Herwin Rizayan S.I.P mengatakan, pihaknya saat ini sedang membuat pembibitan di wilayah Koramil 0804/05 Poncol untuk mendukung program penghijauan sebagai tindak lanjut operasi imbangan "Toba Go Green" di wilayah teritorial Kabupaten Magetan. Koramil 0804/05 Poncol, Kodim 0804/Magetan dengan pimpinan Kapten Inf Waluyo Utomo bersama anggota menyiapkan pembibitan dengan berbagai macam tanaman , kegiatan ini dilaksanakan guna penghijauan di kabupaten Magetan yang telah di programkan pemerintah yaitu penanaman sepuluh ribu pohon, Kodim 0804/Magetan dengan 13 koramilnya menyiapkan dengan bibit yang siap tanam.

"Nantinya bibit yang ditanam disesuaikan dengan kondisi alamnya seperti di tepi jalan yang ditanam pohon jenis tidak menghasilkan buah sementara untuk lahan perbukitan yang gundul ditanam jenis tanaman yang menghasilkan buah," katanya menjawab wartawan di sela-sela acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Magetan di Jalan Maospati Ngawi,

Penghijauan dan penanaman sangat penting di Kabupaten Magetan guna mengatasi erosi di daerah yang labil tanahnya dan juga menjadikan daerah semakin asri, untuk itu Kodim 0804/Magetan bersama pemerintah Terkait mendukung dan melaksanakan program ini demi kelestarian lingkungan Kabupaten Magetan.

Menurutnya, proses penanaman bibit selalu melibatkan warga sekitar untuk menanamkan rasa memiliki terhadap pohon yang ditanam dengan harapan warga turut juga menjaga hingga pohonnya tumbuh dan berbuah.
Ia mencontohkan, daerah perbukitan yang mengalami penggundulan akibat terbakar mulai dari Lereng Gunung Lawu di petak 73 sudah ditanami bibit tananam yang menghasilkan buah seperti pohon Sawo, Durian, Mangga, Nangka, rambutan, Mahoni dan sejenisnya.

"Anggota nanya sama pemilik lahan mau ditanam jenis pohon apa biar dibantu, " katanya seraya menambahkan, intinya semua lahan yang gundul dan berpotensi longsor harus ditanami kembali.

Ia kemudian mengimbau, para pemilik lahan di lereng perbukitan agar tidak melakukan pengundulan dengan cara pembakaran lahan karena hal tersebut bisa membahayakan warga sekitar termasuk lingkungan.(arf))

0 komentar:

Posting Komentar