Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 31 Maret 2016

Pemkot Adakan Car Free Day di Merr Minggu Besok



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Kini warga yang bertempat tinggal di wilayah Surabaya Timur, tak perlu pergi ke Taman Bungkul untuk melaksanakan giat hari tanpa kendaraan bermotor alias Car Free Day. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana akan mengadakan Car Free Day di kawasan Middle East Ring Road (MERR) pada hari Minggu, 3 April mendatang.

Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan BLH Kota Surabaya Nina Prihardini menjelaskan, Pemkot akan mengadakan car free day di MERR pada minggu pertama setiap tri wulan. Rencananya, giat car free day pertama kali di MERR ini akan dilaksanakan mulai dari persimpangan Jalan Kertajaya Timur (RM. Sederhana) hingga persimpangan Jalan Arief Rahman Hakim (Kopertis – Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya)

“Kami ingin melakukan uji coba terlebih dahulu terkait pelaksanaan car free day triwulan pertama di tahun 2016 ini. Uji coba ini juga sebagai salah satu alternatif penyediaan ruang berolah raga dan berinteraksi sosial bagi warga yang bertempat tinggal di kawasan Surabaya Timur. Tentunya juga sebagai upaya pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor,” tegas Nina.

Nina menambahkan, nantinya bagi warga yang melintasi kawasan tersebut pada pagi hari, bisa menggunakan beberapa jalur alternatif. Kendaraan dari sisi barat dan utara menuju selatan ,dapat mengarah ke timur melalui Jalan Kertajaya Indah – Jalan Gebang Putih (samping Convention Hall) – Jalan Arief Rachman Hakim, mengarah ke barat menuju ke selatan melalui persimpangan Jalan Ir. H. Soekarno. Sementara, kendaraan dari sisi timur dan selatan menuju ke arah utara, dapat melalui persimpangan Jalan Ir. H. Soekarno – Jalan Arief Rachman Hakim mengarah ke barat melalui Jalan Klampis Jaya – Jalan Kertajaya Indah.

“Kami sebisa mungkin berupaya untuk menyediakan alternatif jalur bagi warga, utamanya warga yang ingin melakukan aktifitas disekitar pukul enam pagi, seperti ibadah minggu misalnya. Kedepan hal ini juga dijadikan pertimbangan bagi Pemkot untuk mengadakan car free day di kawasan MERR,” imbuh Nina.

Nina menjelaskan Car Free Day yang memanfaatkan hampir satu kilometer Jalan Dr. Ir. H. Soekarno ini tak berbeda dengan Car Free Day yang selama ini diadakan oleh Pemkot Surabaya. “Nantinya, kendaraan bermotor dilarang melintas ruas Jalan Dr. Ir. H. Soekarno mulai pukul 6 hingga 9 pagi. Kecuali untuk kendaraan yang bersifat emergency seperti ambulance dan mobil pemadam kebakaran,” imbuh Nina. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar