Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 01 Juli 2016

Tingkatkan Imtak, Prajurit Lanal Malang Isi Ramadhan dengan Ceramah Agama



KABARPROGRESIF.COM : (Malang) Guna meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Malang, Lantamal V Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, S.H mengajak seluruh personelnya yang beragama Islam untuk melaksanakan solat Dzuhur berjamaan dilanjutkan ceramah agama di mesjid  Masjid Al Arief, Mako Lanal Malang, Kamis (30/6).

Ceramah agama ba’da Dzuhur ini, biasa dilakasanakan setiap Senin dan Kami, namun selama Ramadhan ini, ceramaha agama digelar tiap ba’da Dzuhur dengan menampilkan penceramaha dari perwira/bintara Rohani Islam Lanal Malang, atau mengundang penceramah dari luar.

Seperti kali ini, giliran bintara rohanai Lanal Malang  Serda Solikin Bintara Rohani Lanal Malang memberikan tauziah tentang peningkatan keimanan di bulan suci Ramadhan 1437 H.

Menurut  Solikin –sapaan akrab Bintara Rohani Lanal Malang ini- Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat Islam yang mana dalam bulan tersebut Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk berpuasa yang merupakan rukun Islam ke-3 agar menjadi hamba yang bertaqwa.

Ramadhan pada dasarnya adalah bulan dimana umat Islam menjalani tes, ujian untuk naik tingkatan ke derajat keimanan dan ketaqwaan yang lebih tinggi kepada Allah SWT. Secara kejiwaan puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, bersikap jujur, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri yang merupakan hikmah puasa yang paling utama untuk memperoleh Lailatul Qodar.

Ramadhan merupakan bulan perbaikan diri, dengan memperbanyak amal ibadah seperti sholat tarawih, tadarus Al Qur’an, dan lain-lain,Allah menjanjikan pahala berlipat bila dilaksanakn dengan penuh keihlasan. Dengan puasa, diharapkan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Selain itu, dengan puasa juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial, dimana kita dapat merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus yang biasa dialami oleh saudara –saudara kita yang kurang mampu.

“Harapannya kita dapat menjadi pribadi yang peduli dan tergerak untuk membantu meringankan beban orang-orang yang kurang mampu melalui zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim di bulan Ramadhan,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (P) Eko Hariyanto beserta Perwira Staf, Kalapetal beserta Staf, Anggota Militer,PNS dan Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Malang serta masyarakat sekitar Lanal Malang. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar