Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 29 Juni 2016

Koramil 0814/03 Tembelang Bersama Petani Melaksanakan Pengerukan Saluran Irigasi



KABARPROGRESIF.COM : (Jombang) Anggota Koramil 0814/03 Tembelang bersama masyarakat Dusun Bedah, Desa Bedah Lawak membersihkan dan mengangkat sedimentasi / endapan lumpur disaluran irigasi yang ada di Dusun Bedah, Selasa, 28 Juni 2016. Danramil 0814/03 Tembelang Kapten Inf Mustaji menjelaskan bahwa kerja bakti ini memang sengaja dilaksanakan untuk memperbaiki dan membersihan irigasi, agar nantinya irigasi tersebut bisa lancar dan bermanfaat sebagaimana mestinya.

Salah satu jaringan irigasi yang berada di wilayah Mertoyudan, setiap harinya air tersebut mampu mengairi areal persawahan yang cukup luas, yaitu sekitar 50 Ha. Sedangkan bendungan tersebut lebarnya sekitar 1 meter dengan panjang hampir 500 meter. Kedalaman irigasi adalah sekitar 2 meter. Namun karena sudah terjadi pendangkalan maka kedalaman hanya sekitar 1 meter. Selama ini irigasi tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk pengairan disawahnya. Namun karena terjadi pendangkalan, maka irigasi tidak mampu menyimpan air yang banyak.

Dengan adanya program upaya khusus dibidang pertanian maka para petani minta bantuan kepada Koramil 0814/03 Tembelang untuk mendatangkan alat berat / eskavator untuk membersihkan dan mengangkat endapan lumpur dan tanaman gulma.

Danramil 0814/03 Kapten Inf Mustaji memimpin langsung kegiatan pembersihan dan pengerukan lumpur sedimentasi di irigasi tersebut. Pak Eko, Kepala Dusun Bedah memberikan penjelasan bahwa air dari irigasi ini sangat penting bagi para petani. Air dari irigasi menjadi salah satu harapan utama bagi petani di Bedah. “ Dengan normalnya irigasi ini, mudah-mudahan masalah pengairan tidak lagi menjadi kendala ” ujar Eko di sela-sela pembersihan sedimentasi. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar