Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 29 Agustus 2015

Panen Raya 144 Ha Padi di Bojonegoro Bersama Pangdam V/Brw

KABARPROGRESIF.COM : (Bojonegoro) Diatas hamparan sawah Ds. Dengok Kec. Padangan Kab. Bojonegoro, pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2015 sejak pukul 08.30 wib telah dilaksanakan Panen Raya pada tanaman padi seluas 144 hektar bersama Pamgdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi.

Jika diperhatikan hamparan padi yang sedang menguning dan siap untuk dipanen, maka mengesankan kepada semua pihak yang hadir pada acara tersebut bahwa seolah di bumi Indonesia sedang tidak ada bencana kekeringan, karena kita terbuai oleh bagaimana pertumbuhan  tanaman padi khususnya di Ds. Dengok, dan umumnya di wilayah Kab. Bojonegoro, dan hal tersebut dapat terwujud di wilayah Kab. Bojonegoro karena masyarakat Bojonegoro sudah tertanamkan rasa untuk saling mencintai diantara sesama warga, dan dari persawahan yang ditanami padi di Ds. Dengok , bila dikalkulasikan secara umum dengan estimasi 6 sampai 7 Ton per hektarnya, maka khusus di Desa Dengok pada hari tersebut akan terpanen padi sebanyak kurang lebih 900 Ton Padi , belum lagi di desa – desa lainnya di seluruh Kab. Bojonegoro, maka sebenarnya tidaklah sulit untuk mewujudkan Swasembada Beras di Bojonegoro dengan target yang hanya 15.000 Ton untuk tahun 2015 ini, demikian dikatakan oleh Bupati Bojonegoro  yang akrab dengan panggilan Kang Nyoto.

Sementara Pangdam V/Brawijaya mengajak kepada para petani untuk berusaha keras dalam mewujudkan Swasembada Beras secara Nasional, dengan menggairahkan bercocok tanam padi, tidak menggantungkan pada import beras dan seharusnya bila kita melihat kondisi seperti saat sekarang di Desa Dengok, maka jika keadaan tersebut dapat diikuti oleh daerah – daerah lainnya, maka seharusnya Negara kita menjadi Negara pengekspor beras, dan sudah tepat apabila pemerintah melalui Bapak Presiden mencanangkan Program Swasembada Pangan Nasional, dan untuk itu Mayjen TNI Sumardi mengajak kepada para hadirin untuk bersinergi dengan motto pemerintah dengan ungkapan “ Ayo Kerja Keras, Ayo Kerja Keras “.

Dalam sesi Tanya jawab dengan petani, Pangdam mendapatkan berbagai masukan, diantaranya permintaaan petani agar Dolog mau menerima semua jenis padi petani,  juga berharap adanya pembebasan beban bayar listrik untuk pengairan sawah bila musim hujan tiba karena saat itu irigasi pengairan dari B. Solo yang disedot menggunakan energi listrik tidak diperlukan,  atas masukan tersebut Pangdam menghimbau kepada pihak Dolog harus mau menerima semua jenis padi petani, agar target Swasembada Pangan dapat terpenuhi, dan tentang listrik Pangdam mengatakan akan mengkoordinasikan dengan pihak PLN.                       

Disamping beberapa masukan diatas, Pangdam juga mendapatkan apresiasi dari para petani tentang pelaksanaan tugas pendampingan yang dilakukan oleh TNI kepada Petani, karena terbukti saat ini sudah tidak ada lagi keluhan petani pada kelangkaan pupuk bersubsidi, tidak ada petani yang mengalami gagal panen.                Dan salah satu Gapoktan yang memanfaatkan atau yang tergabung pada HIPA, mengusulkan untuk dapatnya pergantian mesin sedot air yang difungsikan sejak tahun 1994 agar lebih baru, juga tentang permintaan tambahan mesin pengolah libah pertanian karena yang ada saat ini jumlahnya sangat terbatas .           

Sementara oleh Sdr Prayitno dari KUT Kec. Padangan berharap pada Dolog agar membuka gudangnya di saat Panen Raya, sehingga para petani bisa menjual ke Dolog, karena pada kenyataannya, bila musim Panen Raya tiba, Gudang Dolog selalu tutup, dan atas masukan tersebut Pangdam berjanji untuk mengawalnya.

Sebelum pelaksanaan panen raya secara simbolis, dilaksanakan pemberian bantuan Alat Mesin Pertanian ( Alsintan ) berupa Mesin Tanam Padi Transplanster, Mesin Panen Padi, Mesin Sedot Air dan Mesin pembuat tanggul di lahan pertanian kepada para petani di Desa Dengok. Hadir pada acara tersebut Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroihan S.Sos yang sejak pencanangan Program Swasembada Pangan Nasional di canangkan oleh Presiden selalu aktif dalam mengkoordinir tugas satuan – satuan jajarannya dalam upaya khususnya mensukseskan program tersebut di wilayah tanggung jawabnya, Kadispertan Jatim, Para Dandim jajaran Korem 082/CPYJ, Kabulog Jatim, Kadispertan Kab. Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, segenap SKPD jajaran Pemda Bojonegoro, segenap Muspika se Kab. Bojonegoro, para Babinsa jajaran Kodim 0813 dan para Gapoktan, dan Kades Dengok Supriyanto. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar