Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 01 September 2016

Satgaspamtas Yonmek 516/CY, Kobarkan Semangat Bela Negara Perbatasan RI-PNG



KABARPROGRESIF.COM : (Keerom) Munculnya berbagai organisasi radikal berpaham terorisme mendorong pemerintah mengintensifkan sosialisasi pentingnya nilai-nilai bela negara. Untuk menumbuhkan semangat bela negara dan rasa cinta tanah air, unsur Satgaspamtas Yonif Mekanis 516/CY melakukan sosialisasi bela negara dan cinta tanah air pada kepada Staf dan Pengajar SMAK St. Arnoldus Janssen Keerom.

              Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa negara seutuhnya. Rabu (31/08)

              Sosialisasi disampaikan oleh Perwira Pembinaan Mental (Pabintal) Satgaspamtas Yonif Mekanis 516/CY Mayor Caj Sarto. Dalam sosialisasi tersebut Mayor Caj Sarto menyampaikan bahwa Bela Negara tidak semata  mata merupakan kewajiban dan tanggung jawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 30 UUD 1945.

              Sementara Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami dalam menumbuh kembangkan jiwa kesadaran bela negara guna menangkal berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri. Bela negara tidak harus selalu mengangkat senjata menghadapi musuh, keterlibatan masyarakat sipil dalam bela negara secara non fisik dapat dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan positif dalam segala situasi, salah satunya berperan aktif meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum/undang-undang, ujar Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si.

              Di tempat yang sama, Bapak Dominikus Dagum, S.Pd,. M.M.Pd. selaku Kepala SMAK St Arnoldus Janssen dan sekaligus mewakili Pimpinan Dekenat Keerom mengucapkan terima kasih atas sosialisasi yang disampaikan oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan berharap kegiatan bela negara diberikan kepada peserta didiknya melalui kegiatan Pramuka dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya.

              Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pastor Kepala Paroki Sang Penabur Skanto Kab. Keerom dengan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Pendidik dan Kependidikan guna peningkatan mutu sekolah SMAK St. Arnoldus Janssen Keerom  yang diketuai oleh Bapak Ubaldus Loza, S.Ag. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar