Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 13 Januari 2019

15 Ribu Benih Ikan Nila Dilepas di Sungai Kalimas


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Pemerintah Kota Surabaya bersama Pelindo 3 melepas sebanyak 15 ribu benih Ikan Nila di Sungai Kalimas Surabaya, tepatnya di sisi timur Monumen Kapal Selam, Minggu (13/1/2019). Sebelum pelepasan benih ikan itu, jajaran Pelindo 3 melakukan fun bike, sehingga mereka memasuki area Monument Kapal Selam dengan bersepeda.

Acara yang bertajuk Charity Fun Bike itu merupakan bagian dari kegiatan HUT bersama anak usaha Pelindo 3 yaitu Terminal Teluk Lamong (TTL), Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) dan Pelindo Marine Service (PMS).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Joestamadji mengaku senang karena jajaran Pemkot Surabaya bersama-sama dengan Pelindo 3 bisa melepas benih ikan di Sungai Kalimas. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah, BUMN dan stakeholkder lainnya.

“Kegiatan ini juga merupakan sebuah kampanye kepada masyarakat agar senantiasa peduli dan menjaga lingkungan di sekitar kita yang diwujudkan dalam bentuk fun bike dan tebar benih 15 ribu ikan di Kalimas,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan fun bike ini merupakan ajakan agar masyarakat membiasakan diri menggunakan sepeda yang mempunyai manfaat sebagai sarana olahraga, silaturrahmi dan komunikasi dengan sesama serta dapat menjaga kualitas udara. Sedangkan kegiatan tebar benih 15 ribu ikan merupakan upaya pelestarian lingkungan yang diharapkan dapat menjaga ekosistem Kalimas.

“Hal ini menunjukkan adanya kehidupan ikan di sungai menjadi indikator bahwa sungai tersebut memiliki tingkat pencemaran atau polusi yang rendah,” ujarnya.

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kota Surabaya, Wali Kota Risma menyampaikan terimakasih kepada Pelindo 3 atas kepeduliannya kepada lingkungan. Ia berharap benih ikan yang sudah dilepaskan itu bisa berkembang biak dan semakin memperkuat ekosistem Sungai Kalimas. “Semoga kegiatan ini juga dapat mendorong perusahaan-perusahaan lain di Surabaya untuk berperan serta dalam pelestarian lingkungan di Surabaya,” imbuhnya.

Dalam sambutannya itu, Wali Kota Risma juga berharap kepada masyarakat untuk turut peduli menjaga kelestarian hayati sungai dan diharapkan tidak merusak ekosistem yang ada, seperti kegiatan menyetrum ikan dan melakukan pencemaran sungai.

“Mari kita sama-sama menjaga agar benih ikan ini terus berkembang biak, karena jika ini terjadi, maka kita juga yang akan menikmatinya,” kata dia.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo 3 Toto Heliyanto mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah sinergi untuk menyehatkan badan sekaligus peduli lingkungan, karena dikemas dengan acara "Charity Fun Bike".

Ia juga menjelaskan alasan penebaran ikan di Sungai Kalimas, salah satu alasannya karena Pelindo 3 merupakan pelabuhan milik negara dan merasa turut bertanggung jawab dengan ekosistem dan biota laut.

“Makanya, manajemen Pelindo 3 memilih Kalimas Surabaya untuk menebar ikan karena muara sungai tersebut berada di Pelabuhan Tanjung Perak. Dan ini baru pertama kali kami lakukan, fun bike sekaligus tebar ikan,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar