Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 07 April 2022

Kemensos : Bantuan Minyak Goreng, BPNT, PKH Akan Segera Dibagikan


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Kementerian Sosial (Kemensos) menyatakan siap menyalurkan bantuan tunai minyak goreng untuk masyarakat bersamaan dengan bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Yang pertama paket sembako akan disalurkan awal April. Yang paket April dan Mei dimajukan sampai 21 April 2022, sedangkan sembako BPNT dan PKH akan digabung dengan bantuan tunai minyak goreng. , ” Kata Sekjen Kementerian Sosial, Harry Hikmat pada Musyawarah Nasional Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Jakarta, Selasa.

Hikmat mengatakan, bantuan tunai untuk membeli minyak goreng sebesar Rp100 ribu. Namun bantuan tersebut akan diberikan setiap satu bulan sekali pada bulan April, Mei, dan Juni, sehingga total bantuan yang akan disalurkan menjadi Rp300 ribu.

Menurut dia, bantuan tunai tersebut rencananya akan disalurkan mulai 4 hingga 21 April 2022, bersama BPNT dan PKH. Dengan demikian, total bantuan yang akan diperoleh masing-masing penerima manfaat sebesar Rp500 ribu, jelas Hikmat.

Total penerima manfaat adalah 20,5 juta. Dari penerima bantuan tersebut, sedikitnya 18,8 juta merupakan penerima komoditas esensial atau BPNT, sedangkan 1,85 juta lainnya berhak menerima PKH, namun bukan komoditas esensial.

Padahal, kedua kelompok tersebut sudah masuk sebagai penerima bantuan tunai minyak goreng, kata Hikmat.

"Kompensasi itu sebenarnya bantuan sembako. Pak Presiden bilang itu bantuan tunai minyak goreng, tapi bukan berarti hanya bisa digunakan untuk minyak goreng saja. Tergantung kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Menurut dia, pemerintah juga akan memberikan bantuan minyak goreng kepada pedagang kaki lima seperti pedagang jajanan gorengan. Bantuan minyak goreng untuk PKL akan disalurkan oleh TNI dan Polri yang memiliki data terkait.

Bantuan tunai minyak goreng tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada masyarakat yang mengalami kenaikan harga akibat dampak kondisi ekonomi global dan masa menjelang Idul Fitri.

0 komentar:

Posting Komentar