Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 16 November 2023

Kaskoarmada II Hadiri Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M.Tr.,Opsla., CHRMP., mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., M.Tr.Opsla., menghadiri Serminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Tahun 2023, bertempat di Gedung Pulau Marore STTAL Bumimoro, Surabaya. Kamis (16/11).

Seminar nasional yang di selenggarakan tersebut mengangkat tema “Peran Artificial Intelligence (AI) dan Siber Dalam Peperangan Modern” yang dijabarkan dalam beberapa topik pembahasan diantarannya meliputi sejarah peperangan modern dengan menggunakan teknologi, penggunaan artifical intelligence (AI) dalam peperangan modern, serta penggunaan dan pengembangan cyber dalam peperangan modern.

Serminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut tahun 2023 ini bertujuan untuk menggali, mengembangkan peluang dan tantangan untuk memperkuatan pertahanan siber nasional serta agar mampu menghadapi ancaman cyber war.

Dalam seminar tersebut dihadirkan tiga pembicara yang berkompeten di bidang artificial intelligence dan cyber antara lain Laksma TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., CHRMP., CACA., CRMP, selaku Komandan STTAL dengan memberikan materi tentang sejarah teknologi perang, Ardi Suteja K., selaku Ketua Forum Keamanan Cyber Indonesia memberikan materi tentang peran cyber dalam peperangan modern.

Sedangkan untuk Marsekal Pertama TNI Asst. Prof. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, F.S.I., F.S.M.E., V.D.B.M., S.A., S.R.Eng., selaku Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) memberikan materi tentang peran artificial intelligence dalam peperangan modern.

Tampil sebagai moderator Mayor Laut (T) April Kukuh Susilo, S.T., M.T. dan Sertu Ttu/W Eka Wulandari dengan menghadirkan peserta kurang lebih sebannyak 350 orang secara offline dan daring atau online, terdiri dari para Pejabat Kotama TNI AL Wilayah Timur, Dosen, Mahasiswa Lembaga Pendidikan TNI AL Seskoal, AAL, Kodiklatal dan STTAL, Mahasiswa di Lembaga Pendidikan Tinggi TNI dan Kementerian Pertahanan, Mahasiswa PTN/PTS Mitra, para Praktisi AI dan Siber, serta para Pejabat terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar