Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 04 November 2023

Lepas Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2023 Gubernur Khofifah Raih Rekor MURI Lagi


KABARPROGRESIF.COM: (Mojokerto) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa  melepas peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya, Sabtu (4/11/2023) sore, tepat Pukul 15.43 WIB. 

Bendera start dikibarkan Gubernur Khofifah dari Lapangan Raden Wijaya Surodinawan, Kota Mojokerto selanjutnya setelah menempuh 55 KM peserta finis Tugu Pahlawan Kota Surabaya. 

Gerak Jalan Mojokerto Surabaya (GMS) 2023 kali ini Rekor MURI juga memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Khofifah sebagai Pemrakarsa Gerak Jalan dengan mengarak Kain Merah Putih panjang 178 meter yang menempuh jarak 55 KM. 

Perwakilan Rekor MURI mengatakan, piagam penghargaan Rekor MURI yang ditandatangani Prof. Dr. Jaya Suprana tertanggal 4 November 2023 ini juga menambah koleksi catatan Rekor MURI Ke-25 bagi Gubernur Khofifah, angka 78 merupakan momentum Hari Jadi Provinsi Jawa Timur sedangkan kain merah putih manifestasi semangat menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023.

Gubernur Khofifah dalam sambutan singkatnya, memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh peserta gerak jalan juga komunitas sepeda ontel, atas partisipasi keikutsertaannya dalam kegiatan napak tilas pergerakan para pejuang dari selatan bergabung dengan Arek-arek Suroboyo dalam pertempuran 10 November 1945. 

Dikatakan juga Mojokerto merupakan episentrum Kerajaan Majapahit dengan Mahapatih Gajahmada yang ingin menyatukan wilayah pulau pulau menjadi satu kesatuan yaitu Nusantara.

"Mojokerto adalah episentrum Mojopahit yang merakit Nusantara menjadi satu kesatuan dan itu adalah menjadi bagian tapak sejarah. Hari ini kita berjalan dari titik episentrum ini yang oleh Mahapatih Gajahmada dideklarasikan keinginan meNusantarakan seluruh pulau pulau di luar menjadi satu kesatuan. Selamat mengikuti gerak jalan dan barisan sepeda ontel yang mengikuti pergerakan kepahlawanan yang luar biasa ini," kata Gubernur Khofifah.

Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam sambutannya mengucapkan terima kasih Gubernur Khofifah atas terselenggaranya kembali Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2023 ini semenjak vakum sejak 2019 karena pandemi. 

Event GMS yang diikuti ribuan peserta dan disaksikan puluhan ribu penonton ini ikut menggerakkan ekonomi kembali bangkit di sepanjang rute yang dilalui dari Kota Mojokerto hingga finis di Kota Surabaya.

"Atas nama masyarakat Mojokerto, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa diselenggarakannya kembali Gerak Jalan Mojokerto Surabaya ini, karena akan ikut membangkitkan kembali perekonomian disepanjang rute yang dilalui," ungkapnya.

Walikota Mojokerto menambahkan Gerak Jalan Mojokerto Surabaya ini juga untuk merefleksi perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, adalah pahlawan dari Kota Mojokerto yaitu Kyai Haji Achyat Halimy pendiri Laskar Hizbullah yang terlibat secara langsung dalam pertempuran di Surabaya pada tahun 1945. 

Turut hadir dalam acara pelepasan GMS 2023 ini antara lain Atase Agama Kedubes Malaysia di Jakarta, Mohd. Shamsuri bin Ghazali, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Adhy Karyono, Wagub AAL, Anggota DPRD Jatim, Pimpinan OPD Pemprov Jatim, Forkopimda Kabupaten Kota Mojokerto, Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. dan undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar