Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 27 April 2016

106 Pemuda Lamongan, ikuti DIKLATSAR Bela Negara



KABARPROGRESIF.COM : (Lamongan) Sebanyak 106 orang mengikuti Diklatsar (Pendidikan dan
Pelatihan Dasar) Bela Negara Pemuda Lamongan yang bertempat di sanggar Pramuka Lamongan yang diikuti Dari Pemuda yang berumur 16-30 Tahun di tiap-tiap Kecamatan Sekabupaten Lamongan, yang mengirimkan 5 perwakilannya, pada Selasa (26/04/2016).

Salah satu materi yang diberikan adalah bela negara.  Sedangkanpemateri berasal dari Kodim 0812 Lamongan, Komandan Kodim (Dandim) 0812 Lamongan, Letkol Inf Jemz Andre.R.E,S.Sos. Juga turut, memberikan pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada peserta Diklatsar Bela Negara  bagi Pemuda Sekabupaten Lamongan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjaminkelangsungan hidup bangsa dan Negara, kesadaran bela negara itu hakikatnya adalah kesediaan berbakti padanegara dan kesediaan berkorban membela negara.     

“Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras,mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama samamenangkal ancaman nyata musuh bersenjata” ujar Letkol Inf Jemz Andre.R.E.S.Sos.

Ditambahkan juga, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakniKedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untukbangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara, hal tersebut yang dilandaskan padaYuridis UUD 1945 pasal 27 (3).

“Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga padaPasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara” tandasnya.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar