Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 17 November 2021

Pangkoarmada II Hadiri Entry Meeting Tim BPK RI Di Kodiklatal


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto., S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., menghadiri Entry Meeting Tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI dengan para Pangkotama/Kasatker TNI AL di wilayah Surabaya. 

Entry Meeting yang diadakan di Gedung R. Moelyadi Kodiklatal ini, dibuka oleh Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Selasa (16/11).

Ikut hadir Pangkotama/ Kasatker TNI AL lainnya di wilayah Surabaya, yakni Gubernur AAL, Komandan Puspenerbal, Komandan Pasmar-2, Kepala RSPAL dr. Ramelan, Komandan STTAL, dan para pejabat utama dari masing-masing satuan kerja.

Kedatangan Tim BPK RI yang berjumlah 12 orang tersebut adalah dalam rangka melaksanakan pemeriksaan interim di Kotama atau Satuan Kerja TNI AL wilayah Surabaya. Ada empat bidang yang akan menjadi fokus pemeriksaan Tim BPK RI, yakni Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan (LK) Kemhan dan TNI, Pemeriksaan Terinci Kinerja atas Pemenuhan Alutsista, Pemeriksaan Terinci Kinerja atas Keamanan dan Pertahanan Siber, serta Pemeriksaan atas Selisih TKTM antara Baranahan Kemhan dengan Satuan Kerja terkait.

Sementara itu dalam sambutannya Komandan Kodiklatal mengatakan, bahwa sesuai Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 harus ada kesesuaian atas laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). “ Sehingga perlu dilaksanakan pemeriksaan BPK untuk menyakinkan laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan SAP dan perundang-undangan,”  terang Laksdya Nurhidayat.

Lebih lanjut Laksdya Nurhidayat mengungkapkan, jika pemeriksaan Interim BPK ini merupakan pemeriksaan pada tahun berjalan atau sebelum laporan keuangan diserahkan oleh Kemhan dan TNI kepada BPK, yang bertujuan mengumpulkan data/dokumen terkait penyusunan laporan keuangan unit organisasi (U.O) TNI AL, laporan keuangan U.O Kemhan TA. 2021 dan Kinerja Siber serta Kinerja Perencanaan Pemenuhan Alutsista. 

“Dari pemeriksaan BPK atas LK ini kita berharap nantinya akan diperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LK Kemhan dan TNI, yang tentunya opini tersebut dapat diperoleh dengan usaha keras kita bersama,” tegasnya.

“Saya berharap Kotama/Satker TNI AL wilayah Surabaya bersinergi dengan menjadikan Tim BPK sebagai Consulting Partner dalam menyelesaikan rekomendasi BPK yang belum bisa diselesaikan sehingga hasilnya bermanfaat sebagai bahan koreksi atas laporan keuangan di jajaran Kotama/Satker TNI AL Tahun 2021 di wilayah Surabaya menjadi lebih baik,”  pungkasnya di akhir sambutan. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar