Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Lanal Semarang Gelar Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila



KABARPROGRESIF.COM : (Semarang) Kepala Akuntansi (Ka Akun) Lanal Semarang Lantamal V, Mayor Laut (S) M.Pangaribuan,S.E. mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (P) Elka Setyawan memimpin upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS digelar di lapangan Apel Mako Lanal Semarang,Rabu (1/6).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang di bacakan Kaakun menjelaskan tentang sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar Ideologi Negara, serta seiring dengan penyempurnaan yang selalu dilakukan berhasil merumuskan rencana Pembukaan Undang – undang Dasar 1945 yang kemudian di sebut dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter).

Kemudian sehari setelah hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu tanggal 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengesahkan dan menetapkan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 terkandung didalamnya Pancasila sebagai dasar Negara.

Seiring dengan berjalannya waktu Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara sudah berkali kali mendapat berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir, melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara karena memang Pancasila adalah karakter dan kepribadian bangsa Indonesia .

Kita akan terus meyakini saat ini dan diwaktu yang akan datang bahwa Pancasila tetap menjadi solusi bagi Bangsa Indonesia. Lebih Lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa Pancasila bukan untuk di pelajari dan dihapalkan akan tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari hari tercermin nilai nilai Pancasila.

Dengan kata lain perbuatan yang baik dan benar itu adalah cerminan warga negara Indonesia Pancasila. Panglima TNI mengajak kepada seluruh prajurit  dan PNS TNI  di manapun bertugas untuk wajib hukumnya untuk memulai mempelopori , memberi contoh dan sebagai Tauladan  untuk berbuat yang terbaik dengan cara yang baik dan benar,  baik di dalam kedinasan maupun di lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Panglima menyampaikan bahwa pada minggu depan sudah memasuki Bulan Suci Romadhon, untuk itu Panglima TNI pada kesempatan ini mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Romadhon 1437 H kepada segenap Prajurit dan PNS TNI yang melaksanakannya, Semoga keikhlasan dan keteguhan dalam beribadah di bulan suci Romadhon semakin menjiwai pengabdian kita kepada bangsa dan Negara. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar