Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Lanal Cilacap Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila



KABARPROGRESIF.COM : (Cilacap) Perwira Pelaksana (Palaksa) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V Letkol Laut (P) Bambang Joko Prayitno memimpin Upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang diikuti seluruh prajurit Militer dan PNS Lanal Cilacap di lapangan apel Mako Lanal Cilacap, Rabu (1/6).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat yang dibacakan Palaksa Lanal Cilacap mengatakan bahwa Pancasila yang kita pahami saat ini sebelum lahirnya telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945 dimana tiga tokoh nasional seperti Muhamad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar Negara apa bila bangsa Indonesia telah merdeka lepas dari penjajahan.

Gagasan Bung Karno tentang Dasar Negara yang disampaikan di depan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 (oleh Ir. Soekarno diberi nama Pancasila) menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan Ideologi Negara sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari kelahiranPancasila”.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menekankan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dimana pun bertugas dan berada bahwa Pancasila bukan untuk dipelajari dan di hafalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalamsikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila.

Pendek kata setiap “perbuatan yang baik dan benar” itu adalah cerminan warga Negara Indonesia Pancasilais. Sebagai Prajurit Sapta Marga dan PNS yang berpanca Prasetya Korpri tentunya kita wajib hukumnya untuk memulai memelopori memberi contoh dan suri tauladan “berbuat yang terbaik dengan cara yang baik dan benar” baik dalam kedinasan maupun  dalam lingkungan   kemasyarakatan.

Hadir pada upacara tersebut, Pasops, Dandenpomal, Pasminlog, Pasproga, Pasintel dan Paspotmar serta seluruh perwira Lanal Cilacap. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar