Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Pasiter Kodim 0824 Jember Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMAN Ambulu



KABARPROGRESIF.COM : (Jember) Pembinaan Bela Negara bagi generasi muda utamanya pelajar SMA/SMK/MAN yang diselenggarakan Bakesbang Pemkab Jember dan Kodim 0824 saat ini sudah memasuki angkatan ke 10 sehingga di tahun 2016 ini saja sudah sekitar 3000 pelajar yang sudah didiklat Bela Negara.

Pada Senin 30/05 Pukul 15.00 Wib bertempat dihalaman SMAN Ambulu Jember dibuka Diklat Bela Negara kepada 360 orang siswa SMAN Ambulu.

Hadir pada kesempatan tersebut Ka Bakesbangpol Drs Widi Prasetyo, M.Pd, Muspika Ambulu, Staf SMAN Ambulu, Instruktur dan peserta.

Diklat diselenggarakan selama 2 hari dengan materi diantaranya PBB, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Latihan Penanggulangan Bencana Alam dan lain-lain.

Widi Prasetyo menyampaikan bahwa Pelatihan atau Diklat semacam ini sengaja diberikan kepada generasi muda dalam rangka menyiapkan dan mencetak kader bangsa yang berkarakter dan berani merubah sikap dan mental kearah yang lebih positif sejak dini sehingga kedepan siap menerima tampuk kepemimpinan bangsa dan tetap menjaga dan selalu mencintai NKRI.

Pada Selasa 31/05 Pukul 08.00 Wib peserta mendapatkan materi Wawasan Kebangsaan dari Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Jember Kapten Inf Sumaryono.

Dalam materinya Sumaryono menggambarkan kondisi Bangsa Indonesia saat ini dan situasi yang akan datang, dimana semakin lama dengan peningkatan perkembangan penduduk otomatis tingkat komsumsi sumberdaya alam juga semakin meningkat, sehingga dalam kondisi tersebut maka akan terjadi krisis sumberdaya alam yang tentunya rentan terhadap timbulnya permasalahan.

Perkembangan global saat ini utamanya dengan kemajuan dunia industri dan informasi membuka ruang dunia dengan berbagai dampaknya, hal tersebut juga akan semakin menambah kerentanan permasalahan dimasa mendatang, terutama kalau generasi bangsa ini tidak dimantapkan karakter dan kepribadiannya melalui kegiatan seperti ini.

Diakhir paparannya Sumaryono mengajak generasi muda untuk lebih bijak dalam menyikapi perkembangan jaman saat ini, pemuda sebagai generasi penerus bangsa hendaknya memiliki kemantapan rasa cinta tanah air, bela Negara dan memiliki kemantapan wawasan kebangsaan sehingga nantinya mampu menjadi pemimpin yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan kedaulatan NKRI.

Pelatihan atau Diklat Bela Negara berjalan lancar dan  ditutup pada Selasa 31/05 Pukul 15.00 Wib (arf)

0 komentar:

Posting Komentar