Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 08 Oktober 2018

Perluas Akses Kapal Sandar Di Palu, Tim Tanggap Darurat Pushidros TNI AL Survei Pantai Taipa Palu


KABARPROGRESIF.COM : (Palu) Tim Tanggap Darurat dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan survei di Pantai Taipa, Palu-Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (07/10/2018).

Tim survei yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Yohanis Kalambo ini menyusuri pesisir pantai Taipa yang merupakan salah satu kawasan pesisir pantai di ibukota Sulteng. Pantai ini termasuk kawasan yang diterjang gelombang tsunami hingga menghancur semua bangunan yang ada.

Survei ini bertujuan untuk memberikan data peta laut yg akurat dan terkini dengan tujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bernavigasi bagi kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan Indonesia utamanya di wilayah perairan Palu yang mengalami terjangan bencana tsunami dari bahaya-bahaya navigasi seperti kerangka kapal, karang, puing2 reruntuhan yg masuk ke laut dan lain lain.

Mayor Laut (P) Yohanis Kalambo menyampaikan Setiap terjadinya perubahan pada peta laut salah satunya akibat dampak bencana seperti; Tsunami dan lain lain, maka Pushidrosal bertanggung jawab untuk segera melaksanakan survei hidrografi dan oseanografi untuk memperoleh data terkini tentang situasi alur laut pada area yg terkena dampak bencana tersebut.

Adapun hasil Survei fisik pantai Taipa oleh Tim Tanggap Darurat ini yaitu pantai mengalami pengikisan daerah pantai (abrasi) yang terjadi karena gelombang akibat Tsunami sehingga mengakibatkan pantai terjal, banyak puing-puing bangunan seperti bangunan bekas breakwater dan puing-puing bekas bangunan yang rusak

Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional yang diakui oleh pemerintah, Pushidrosal memiliki tugas pokok yaitu salah satunya untuk melaksanakan survei Hidrografi dan Oseanografi di seluruh wilayah perairan Indonesia dalam rangka menyajikan data yang akurat dan terkini untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan dalam bernavigasi di laut baik untuk kepentingan sipil maupun militer.

Pushidrosal pun secara rutin mengupdate peta laut Indonesia melalui kegiatan operasi survei hidrografi dan oseanografi untuk tetap terus menyajikan  data peta laut Indonesia yang benar, akurat dan terkini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar