Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 03 Februari 2015

Korem 081/DSJ MoU dengan Unmer Madiun, Unmer Ponorogo dan Akademi Perkeretaapian Indonesia


KABARPROGRESIF.COM : (Madiun) Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama, dan Rektor Unmer Madiun Ir. Muryanto,MP, Rektor Unmer Ponorogo H. Muhammad Amin, SH. MH serta Direktur Akademi Perkeretaapian Indonesia yang diwakili Bpk Jamaludin Jabatan Pudir I, menandatangani Momerandum of Understanding (MOU), yang berlangsung di fakultas Hukum Unmer Madiun Jl.  Serayu No. 79 Kota Madiun, Selasa (03/II).

Pada kesempatan itu, Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama menjelaskan, bahwa Penandatanganan kesepakatan ini, dalam rangka menindaklanjuti kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Wilayah Korem 081/DSJ.

Lebih lanjut Danrem dalam sambutannya mengatakan, Kerjasama antara Korem 081/DSJ dengan Unmer Madiun, Unmer  Ponorogo dan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun kali ini difokuskan pada kegiatan tentang Wawasan kebangsaan dan Kewarga negaraan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab sosial dan pengabdian kita sebagai bagian dari komponen bangsa, untuk membantu pemerintah dan masyarakat, karena Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofia normatif. Sebagai perwujudan dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia. Akan tetapi situasi dan suasana lingkungan yang terus berubah sejalan dengan proses perkembangan kehidupan bangsa dari waktu ke waktu. Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia harus senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan berbagai bentuk implementasinya.

Memahami serta mempedomani secara baik ajaran yang terkandung di dalam konsepsi Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia akan menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan dari setiap warga/bangsa tentang posisi dan peran masing-masing di tengah-tengah masyarakat yang serba majemuk. Hal ini berarti menumbuhkan suasana kondisi yang mendorong perkembangan setiap individu sehingga terwujud ketahanan pribadi yang pada gilirannya dapat menciptakan suatu ketahanan nasional Indonesia.

Sehubungan dengan pelaksanaan kerjasama ini, selaku Danrem dan atas nama pribadi, saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unmer Madiun, Rektor Unmer Ponorogo serta Direktur Akademi Perkeretaapian Indonesia, atas kepercayaannya untuk bekerjasama dengan Korem 081/DSJ.

Rektor Unmer Madiun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan dan kerjasama yang dijalin dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan kewarganegaraan khususnya pada mahasiswa Unmer Madiun/Ponorogo maupun Akademi Perkeretaapian Indonesia. Rektor menyampaikan bahwa kewajiban bela negara bukanlah tanggung jawab TNI semata, namun itu merupakan tanggung jawab semua warga negara. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda. Unmer Madiun/Ponorogo maupun Akademi Perkeretaapian Indonesia terbuka kepada masyarakat dan juga Korem 081/DSJ dan jajarannya, kita ingin kampus kita steril dari kegiatan yang dapat mengganggu stabilitas bangsa dan negara. Kita juga menganut Kebhinekaan.

Sementara itu, Direktor Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun mengatakan, kerjasama ini sangat diperlukan karena masing-masing institusi memiliki keunggulan-keunggulan yang harus diadopsi oleh institusi pendidikan lain. Salah satu institusi yang unggul di Indonesia dari segala aspek adalah TNI. Salah satu hal yang diperlukan dalam meningkatkan daya saing adalah disiplin dan kekompakan. TNI merupakan institusi yang paling cepat dalam mengorganisir anggotanya untuk kompak dan mengasah disiplin. Oleh sebab itu, Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun memiliki keyakinan bahwa TNI dapat mengajak dan dalam waktu singkat dapat menurunkan sikap kompak dan menegakkan disiplin kepada sesama mahasiswa di Unmer Madiun, Unmer Ponorogo dan Akademi Perkeretaapian Indonesia. Tanpa adanya kekompakan dan kebersamaan maka Unmer Madiun, Unmer  Ponorogo dan Akademi Perkeretaapian Indonesia akan sulit untuk mencapai kemajuan yang lebih besar.

Hadir pada acara tersebut Dandim 0802/Ponorogo, Dandim 0803/Madiun, Para Kasi Korem 081/DSJ, Dan/Ka Satdisjan Wil. Madiun, Rektor Unmer Madiun, Rektor Unmer Ponorogo, Direktur Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun Ketua Yayasan Unmer Madiun dan Ketua Yayasan Unmer Ponorogo serta para Staf Unmer. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar