Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 23 April 2015

Danramil 0805/03 Geneng melatih Anggota Pramuka

KABARPROGRESIF.COM : (Ngawi) Korem 081/DSJ, Danramil 0805/03 Geneng Kodim 0805/Ngawi Kapten Inf Suhariyanto beserta tiga orang anggota Koramil melatih cara membaca tanda-tanda di  Peta dan Navigasi Darat  di SMPN I Tepas  Kec. Geneng yang di ikuti oleh Pramuka Saka Wira Kartika. Sabtu (18/4).

Sebagai seorang pramuka yang baik, harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara-cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.

Dalam penjelasannya Danramil Geneng Kapten Inf Suhariyanto, menyampaikan Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas. Pengetahuan navigasi darat juga diperlukan untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan, dan juga untuk keperluan olahraga antara lain lomba orienteering. Sedangkan yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan, dan Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu. Sedangkan materi yang diberikan antara lain : Pembacaan peta, Penggunaan kompas dan Penggunaan tanda-tanda alam yang membantu dalam menentukan arah.

Lebih lanjut Danramil tegaskan, bahwa Navigasi adalah pengetahuan untuk mengetahui keadaan medan yang akan dihadapi, posisi kita di alam bebas dan menentukan arahserta tujuan perjalanan di alam bebas. Sedangkan pengetahuan tentang navigasi darat ini merupakan bekal yang sangat penting bagi anggota pramuka untuk bergaul dengan alam bebas dari padang ilalang, gunung hingga rimba belantara. (arf).

0 komentar:

Posting Komentar