Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 28 April 2015

KODIM-KODIM LANGGANAN BENCANA SIAGA I

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka menjelang Gladi Posko I Korem 084/Bhaskara Jaya beserta jajarannya dan melibatkan beberapa instansi pemerintah melaksanakan Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Kasrem Letkol Inf Agung Dwi K. bertempat di Ruang Data Korem 084/Bhaskara Jaya, hari Selasa (28/04).

Kasrem selaku mewakili Danrem mengundang beberapa instansi Pemerintah Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan perwakilan beberapa Kasdim serta Pasi Kodim wilayah jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya.

Pada kesempatan tersebut Kasrem menerima paparan dari Pasi Ops Korem tentang kondisi wilayah Korem 084 dan sekitarnya, beberapa potensi wilayah yang sering menjadi langganan bencana alam banjir, tanah longsor serta menjelaskan beberapa persiapan-persiapan jajaran Korem dalam mengantisipasinya. Beberapa latihan dilaksanakan wilayah yang sering terjadinya bencana antara lain Kodim 0816/Sidoarjo, Kodim 0826/Pamekasan, Kodim 0827/Sumenep, Kodim 0828/ Sampang dan Kodim 0829/Bangkalan wilayah tersebut sangat berpotensi terjadinya banjir secara bersamaan, karena pendangkalan sungai didaerah tersebut akibat pengalihan fungsi lahan resapan disepanjang aliran sungai karena berkembangnya lahan pemukiman dan industri, untuk itu diperlukan adanya kesamaan visi, persepsi dan interpretasi pemikiran integral dan komprehensif terkait prosedur mekanisme penanggulangan bencana pada tahap pra bencana, tanggap darurat dan paska bencana”jelasnya”.

Kasrem menyampaikan bahwa Gladi Posko tersebut digelar guna mengecek kesiapan Korem 084/BJ dalam mengantisipasi dan menangani bencana alam bila benar-benar terjadi diwilayahnya. untuk itu dalam rangka meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan persiapan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian serta pemberian bantuan kemanusiaan hal tersebut harus sesuai dengan prosedur tetap (Protap) tata cara penanggulangan bencana. (arf).

0 komentar:

Posting Komentar