Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 29 Juli 2018

Kasal Kirab Api Abadi Asian Games XVIII 2018 Berlayar Dengan KRI Dewa Ruci


KABARPROGRESIF.COM : (Makassar) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M  melaksanakan kirab api obor (torch relay) Asian Games XVIII tahun 2018 dengan KRI Dewa Ruci di perairan Makassar, Minggu (29/07/2018)

Saat tiba dari Kabupaten Bulukumba api abadi Asian Games tersebut diserahkan dari Plt. Gubernur Sulsel  Soni Sumarsono kepada Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M

Kasal kirab  api abadi Asian Games  yang berasal dari India  tersebut on Board di KRI Dewa Ruci didampingi Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.,  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud , Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono,  S.H., M. Tr (Han) dan diikuti Forkopimda Sulsel lainnya.

Pelaksanaan kirab  api abadi Asian Games  di perairan Makassar  itu berlangsung meriah dengan dikawal  kapal perang, (3 KRI, 2 KAL) Kapal unsur maritim, 4 perahu phinisi, sea rider 3 unsur maritime dan dimeriahkan dengan parade roll, perahu hias tradisional nelayan Paotere dan 8 jet ski  Makassar  menuju Dermaga Layang Mako Lantamal VI.


Prosesi penyambutan api abadi Asian Games KRI Dewaruci di dernaga Layang Lantamal VI  diawali dengan melewati  pancuran air raksasa menyerupai gapura  dan setibanya di dermaga Layang Lantamal VI,  Kasal turun dari  kapal Dewaruci  dengan dikawal  Bima (tokoh pewayangan) , Dewa Neptunus dan Dewi Amphitrite   dengan membawa  api obor Asian Games.

 Sebaliknya di dermaga telah siap menyambut  pasukan perang yang dikenal dengan tubarania dengan Anggaruk (Sumpah Setia) oleh pasukan kerajaan Gowa yang berbaju adat Makassar dan tari paraga, serta pengalungan bunga Dara Daeng Makassar kepada Kasal.

 Prosesi api  Asian Games diakhiri dengan serah terima api abadi dari Kasal kepada Plt. Gubernur Sulsel dan penyulutan api abadi ke api obor bertempat didepan pintu gerbang Mako Lantamal VI yang diiringi drum band taruna pelayaran Makassar. Kemudian dilanjut dengan serah terima api obor dari Plt. Gubernur Sulsel  kepada pelari estafet pertama menuju tugu Mandiri Makassar.

Turut hadir dalam kirab api abadi Asian Games tersebut Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, Pangkoops AU II Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, pejabat TNI Polri Makassar serta para pejabat Propinsi Sulsel dan pada undangan lainnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar