Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 30 November 2015

Mayjen TNI Hartind Asri Kupas Media Setting Theory kepada 25 Peserta Diklat IBPAOC 2015

KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta Pusat) "Perkembangan media di Indonesia sangat pesat, terkadang sulit untuk dapat membedakan mana media yang benar benar memberitakan realita, akurat dan tanpa ditumpangi kehendak ataupun tujuan dari si empunya media" demikian kupasan awal Kepala Pusat  Diklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin saat mengisi materi agenda setting theory, kepada 25 orang peserta kegiatan Indonesian Basic Public Affair Officer Course, bertempat di ruang Teater Gedung Maria Tuhateru Jl. Salemba Raya No 14 Jakarta Pusat, Jumat 28/11.

Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat ini menambahkan, melihat kondisi dunia media Indonesia yang cenderung bermuara pada bisnis dan politik, sara dengan nuansa adu kepentingan dari pemilik media, menuntut perwira penerangan untuk dapat menguasai seluruh tugas yang diemban.

menyikapinya dengan langkah-langkah yang terencana dengan sebaik mungkin. Kesatuan pola pikir berikut tindakan sangat mutlak diterapkan, agar kita dapat menyampaikan tujuan yang hakiki dari sebuah berita atau kejadian kepada masyarakat/publik, dalam arti tidak mengorbankan sisi kebenaran dan keseimbangan (truth and balance).

Letnan Dua Kevin peserta kursus bertanya tentang tips atau upaya yang dapat dilakukan agar seorang perwira penerangan dapat bekerja lebih maksimal. Mayjen TNI H. Asrin menjelaskan bahwa "selain harus dapat menguasai semua ilmu yang diajarkan pada kursus ini, para public affair juga harus sering berlatih, kaya akan pengetahuan baik di bidang pendidikan, undang-undang, hukum dan sebagainya. Rajin buka dan baca buku apa saja dan yang terpenting, seorang perwira penerangan wajib mengaplikasikan prinsip-prinsip intelijen di dalam menyajikan sebuah berita atau pemberitaan demi terjaminnya kerahasiaan dan nilai kepatutan", tandasnya.

Sejalan dengan materi diatas, masyarakat dunia pada umumnya memang sudah hampir tidak peduli lagi dengan apa yang kita ketahui, namun publik akan tahu pasti dengan apa yang perwira penerangan pedulikan", demikian hal senada sebagai gambaran publik dalam hal penggunaan media dan kecanggihan fasilitasnya saat ini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar