Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 26 November 2015

Peningkatan Ketersediaan Pangan Forpimda Sumenep Gelar Rakor UPSUS Pajale

KABARPROGRESIF.COM : (Sumenep) Bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kab. Sumenep telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai dan Peningkatan Ketersediaan Pangan di Kabupaten Sumenep, yang dihadiri 100 orang, Rabu 25 November 2015.

Kepala Dinas Pertanian Bambang Heriyanto, mengatakan “kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dandim 0827/Sumenep yang sudah mengawal kami dalam swasembada pangan”, katanya

Dinas pertanian mempunyai visi yaitu terwujudnya pangan yang sejahtera dan mandiri yang berorientasi agribisnis dan ketahanan pangan.   Sedangkan misi Dinas Pertanian yaitu meningkatkan pemberdayaan masyrakat pertanian menuju pemantapan ketahanan pangan.

Sesuai APBD dinas Pertanian mempunyai Program yaitu peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan penerapan teknologi pertanian.  Selain dari APBD, dinas pertanian juga menggunakan APBN dalam meningkatkan kualitas pertanian sumenep yang dilaksanakan sesuai dengan program.

Lanjut Bambang Heriyanto, Struktur tanah di sumenep adalah batu bertanah akan tetapi dengan struktur tanah yang seperti itu dapat menghasilkan pertanian yang bagus khususnya Pajale ( padi, jagung dan kedelai).

Target UPSUS Pajale tahun 2015 yaitu 6,5 ton per hektar dan untuk sasaran Upsus Pajale Tahun 2016 dapat meningkat 6 % per hektar. Untuk Bantuan UPSUS Tahun 2015 dititik beratkan pada sarana produksi dan infrastruktur.

“dengan didampingi oleh TNI AD yaitu Babinsa, saat ini sudah tidak ada kelompok tani maupun UPT yang berani bermain main sehingga semua bantuan sudah tepat pada sasarannya. Peningkatan program ketahanan pangan di Kab. Sumenep tidak lepas dari bantuan Bapak Dandim 0827/Sumenep yang sudah mengawal dinas pertanian dalam ketahanan pangan”, paparnya.

Sedangkan Pj. Bupati Sumenep Drs.Sudarmawan, MM menyampaikan,”terima Kasih kepada Bapak Dandim 0827/Sumenep yang sudah mengawal Dinas Pertanian dalam program ketahanan pangan yang saat ini sudah berjalan dengan baik dan sudah ada peningkatan dari tahun ke tahun.

Pj. Bupati Sumenep “berpesan kepada Dinas Pertanian untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih karena lebih sulit mempertahankan dari pada meraihnya.  Saat dilantik sebagai Pj Bupati Sumenep oleh Bapak Gubernur, beliau berpesan tentang ketahanan pangan karena ketahanan pangan merupakan atensi khusus dari Bapak Presiden.

Dilihat dari struktur ekonomi bahwa masyarakat Sumenep menggantungkan hidupnya dari pertanian oleh karena itu Dinas pertanian dengan dikawal oleh Bapak Dandim Sumenep sudah bekerja keras dalam ketahanan pangan.

Sedangkan  Kepala Kejari Sumenep Bambang Sutrisno, SH. MH pada kesempatan tersebut, menyampaikan “terima kasih kepada dinas pertanian yang  sudah menyelegarakan acara ini. Jangan hanya bekerja dengan program tetapi selain perencanaan dan pelaksanaannya harus disertai dengan pertanggungjawaban.

Perlu adanya pengawasan terhadap pengalihan lahan persawahan.  Cetak lahan pertanian harus diperhatikan dengan baik karena banyak permasalahan disitu.

Di Kab. Sumenep bukan kelangkaan pupuk tetapi kekurangan pupuk hal ini harus disiasati dengan sebelum musim tanam maka pengadaan pupuk harus segera dilakukan sesuai dengan aturan yang ada.

Tidak lupa kami berterima kasih kepada bapak Dandim Sumenep sudah mengawal pertanian di Kab. Sumenep.

Drs. H. Herman Dali Kusuma Ketua DPRD Sumenep, “Distributor harus laporan kepada saya tentang pengadaan dan penyaluran pupuk ke petani.  Besok Saya dan Komisi 2 tunggu laporan kesiapan distributor terkait penyaluran pupuk di Kab. Sumenep”, paparnya

Dalam ksesempatan tersebut, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Permadi Azhari, menyampaikan “pihak Kodim 0827/Sumenep akan tetap mengawal dan mendampingi program ketahanan pangan di sumenep.  Saya berniat mengubah kehidupan masyarakat petani yang lebih baik lagi melalui ketahanan pangan.

Dandim juga mengajak “mari kita gugah para petani jika sudah musim hujan turun. Ada asuransi pertanian dari pemerintah jadi kita tunggu sosialisasi dari pusat.   Selain itu kami berpesan kepada para undangan yang hadir untuk tetap semangat dalam mewujudkan ketahanan pangan di Sumenep”, pungkas Dandim.

Hadi dalam kegiatan tersebut antara lain Komandan Kodim 0827/Sumenep, Forpimda Kab. Sumenep, Ketua DPRD Sumenep Drs. H. Herman Dali Kusuma,  Sekda Pemkab Sumenep  Drs. Hadi Soetarto, Kepala UPT Dinas Pertanian Se Kab. Sumenep, Kepala Distributor Pupuk Kab. Sumenep, Gapotan Se Kab. Sumenep. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar