Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 27 November 2015

Kodim Kediri Waspadai HIV/AIDS

KABARPROGRESIF.COM : (Kediri) HIV/AIDS telah menjadi penyakit yang paling menakutkan bagi dunia. Penyakit menular ini disebabkan oleh infeksi virus yaitu Human Immunodeficiency  Virus, yang  menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh penderita. Bersama RS DKT Kediri, Kodim 0809/Kediri menggelar Penyuluhan Kesehatan bertajuk  “Waspada HIV/AIDS”, pada Kamis 26 Nopember 2015.

“Apabila HIV berkembang menjadi AIDS. Penderita akan mengalami berbagai masalah kesehatan dari tahap ringan hingga berat, butuh waktu yang lama dari perubahan infeksi HIV menjadi AIDS, tapi pada dasarnya tidak ada waktu pasti untuk setiap penderita. Penderita dengan sistem kekebalan tubuh yang bagus mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dari infeksi HIV ke AIDS” kata dr. Chreslina Subagyo kepada anggota Kodim Kediri dan Bapras Kediri yang hadir di Aula Makodim 0809.

Opini yang terbentuk dimasuyarakat mengatakan bahwa banyak orang yang pada awalnya menganggap penyakit ini bisa menular dengan mudah dari udara maupun sentuhan, tetapi ilmu pengetahuan terus berkembang dan menemukan bahwa bahaya HIV/AIDS hanya bisa menular lewat kontak cairan atau darah. 

“Ada berbagai tekanan berat yang selalu dihadapi oleh penderita HIV AIDS. Kondisi sosial ekonomi selalu menjadi ancaman yang sangat serius. Perawatan untuk mendapatkan obat HIV AIDS memang tidak mudah dilakukan” jelas dr. Chreslina Subagyo ,penyuluh kesehatan dari RS DKT Kediri.

Dari pelaksanaan penyuluhan tersebut, diperoleh keterangan bahwa beberapa penyebab yang membuat penularan HIV AIDS adalah seperti kontak seksual atau hubungan seksual, pemakaian jarum suntik yang berganti dari penderita HIV/AIDS ke orang normal, transfusi darah dan semua kegiatan yang melibatkan kontak cairan dari tubuh penderita HIV/ AIDS ke orang sehat, demikian dijelaskan dr. Chreslina Subagyo di akhir penyuluhan kesehatannya.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan kesehatan mengenai HIV/AIDS ini, menjadi lembaran baru dalam berpikir luas, resiko dan dampak yang ditimbulkan , bagi seluruh anggota Kodim Kediri dan Bapras Kediri.( arf)

0 komentar:

Posting Komentar