Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 28 November 2015

Penyerahan Barang Bukti Senjata Rakitan Jenis Engkellop Hasil Binter Satgas Pamtas Yonif 521/DY

KABARPROGRESIF.COM : (Nunukan) Sudah kurang lebih lima bulan, Satgas Pamtas Yonif 521/DY bertugas menjaga Daerah Perbatasan Indonesia – Malaysia, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pembinaan teritorial kepada masyarakat sekitar pos, antara lain dengan cara melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat, pengobatan masal, anjangsana dll. Dan salah satu tujuan pembinaan teritorial itu adalah untuk menarik simpati masyarakat kepada kita, sehingga bila mereka sudah bersimpati maka tujuan utama tugas kita akan tercapai.

Perlu diketahui bahwa di daerah Nunukan ini ternyata sudah beberapa kali terjadi konflik antar etnis, dimana mereka banyak yang menggunakan senjata api rakitan jenis engkelop ( Masyarakat biasa menyebutnya senjata penabur, menurut keterangan masyarakat munisi beli dari malaysia dengan harga Rp.50.000 per butir ), namun dapat segera diatasi dan diselesaikan oleh segenap aparat keamanan beserta seluruh pihak ( Pemerintah Daerah ) yang ada di daerah ini. Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi lagi, maka Satgas Pamtas mencoba menghimbau kepada masyarakat agar bagi siapa saja yang memiliki berbagai macam senjata baik senjata api maupun senjata tajam, yang memungkinkan bisa digunakan untuk memunculkan konflik Kriminal, supaya di musnahkan atau diserahkan kepada pihak yang berwajib.

Dengan penggalangan dan pembinaan teritorial yang dilaksanakan kepada masyarakat pos Simanggaris baru Satgas Pamtas Yonif 521/DY berhasil mendapatkan senjata rakitan yang diserahkan oleh seorang warga a.n. Sdr. Dano umur 40 tahun dan Sdr. Ilham umur 30 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai pekerja sawit kepada Sertu Ery Wahyu Irawan NRP 21070462820288 Jabatan Danpos Simanggaris Baru SSK II Satgas Pamtas Yonif 521/DY, senjata tersebut sudah bertahun-tahun disimpan oleh Sdr. Dano untuk berburu dan menjaga diri. Sdr. Dano memperoleh senjata dengan cara membeli dari salah seorang temannya yang saat ini sudah tidak diketahui keberadaannya.

Selain pos simanggaris baru, pos simanggaris lama juga mendapatkan 1 (satu) pucuk Senjata Api rakitan jenis Engkellop yang  diserahkan oleh Sdr. Supri, Umur 30 tahun warga Desa Tabur Lestari Kec. Seimanggaris Lama Kab. Nunukan yang sehari-hari bekerja sebagai petani sawit. Senjata tersebut diserahkan langsung kepada Letda Inf Hendi Jatmiko NRP 21990187510879 Jabatan Danpos Simanggaris Lama SSK II Satgas Pamtas Yonif 521/DY.

Adapun 2 pucuk  senjata api rakitan jenis Engkellop dengan karakteristik sebagai  berikut:

a.         Panjang Senjata                  : 123 Cm.

b.         Panjang Laras                      : 60 Cm.

c.         Panjang Popor                     : 37 Cm.

d.         Caliber                                   : 22 mm.

e.         Berat                                       : 1,5 Kg.

f.          Jarak Mematikan                  : 75 M.

g.         Buatan                                   : Rakitan modifikasi sendiri

h.         Munisi                                    : 1 Butir Jenis penabur     

0 komentar:

Posting Komentar