Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 07 Mei 2015

KORAMIL SAWANGAN BANTU SEMAI BIBIT PADI

KABARPROGRESIF.COM : (Depok) Menepati janjinya usai melakukan panen raya, personel TNI yang tergabung dalam Komando Rayon Militer (Koramil) 05 Sawangan kembali membantu pemilik lahan padi seluas 1,5 hektar di RT1/3 Kelurahan Serua, Kecamatan  Bojongsari, belum lama ini.

Danramil 05 Sawangan Kapt (Inf) Ibrahim mengatakan, hal ini sesuai dengan janji Koramil 05 Sawangan dalam mewujudkan program ketahan pangan di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Sebelumnya, 25-28 April lalu, pihaknya membantu panen raya di lahan padi milik H. Siwan. Babinsa pendamping dan anggota Koramil 05 Sawangan membantu pengawasan dan pemeliharaan.

“Sekarang kami mulai dari nol, semua kami bantu,” kata Danramil Sawangan kepada Depoknews.com.

Dia menjelaskan, musim tanam berikutnya, Koramil 05 Sawangan membantu pemilik lahan, mulai dari menggarap lahan, menyemai bibit, menanam bibit, pengawasan, perawatan/pemeliharaan, hingga musim panen tiba.

Danramil mengungkapkan, saat panen di areal lahan 1,5 hektar tersebut, setelah dibantu dan diberikan pendampingan hasil produksi padi meningkat menjadi 9 sampai 10 ton. Padahal, lanjut dia, pemilik lahan mengaku di lahan satu hektar, biasanya memperoleh hasil sekitar satu ton.

“Kami memberikan pendampingan selama tiga bulan hingga panen. Sekarang benar-benar dari nol,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani atau penggarap lahan, terbantu untuk tenaga pekerjanya. Beberapa lahan jagung dan padi lainnya juga sudah disiapkan dan menunggu waktu penanaman serta ketersediaan bibit dan pupuknya.

“Kami juga tetap fokus di Ciliwung dan akan bergabung dengan rekan-rekan Koramil lainnya untuk TMMD,” tuntasnya.

Sementara, pemilik lahan padi, H Siwan, mengaku sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan Koramil 05 Sawangan untuk menggarap lahannya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar