Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 03 Maret 2021

Bersinergi Dengan Pesawat Tempur TNI AU, KRI HIU-364 Amankan Perbatasan RI-Malaysia


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) KRI HIU-634 salah satu kapal perang Republik Indonesia jajaran Satuan kapal cepat (Satkat) Koarmada II yang saat ini sedang melaksanakan operasi Garda Paus-21 dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II bersinergi dengan 2 (dua) Jet Tempur F-16 TNI AU menggelar operasi pengamanan bersama di Perairan Ambalat, Kalimantan Utara, Senin (01/03) 

Sebagaimana diketahui KRI HIU-634 yang di komandani oleh Mayor Laut (P) Rivo De Haviland M. Tr., Opsla melakukan operasi Garda Paus-21 dengan tugas pokok menjaga  kedaulatan dan keamanan Perairan perbatasan laut dan udara di perairan Karang Unarang.

Dikatakan oleh Mayor Rivo, pada operasi bersama tersebut, kedua unsur (KRI dan pesud) melaksanakan Air Joining Procedure (AJP) dan kerjasama taktis, mengidentifikasi wilayah laut dan udara serta melaksanakan prosedur komunikasi frekuensi VHF yang telah ditentukan. 

Ditempat terpisah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar terjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra dalam rangka melaksanakan Operasi Gabungan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI khususnya di Perairan Ambalat.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan memerintahkan kepada seluruh prajurit yang sedang bertugas di wilayah perbatasan agar selalu menjalin komunikasi dan bersinergi dengan jajaran TNI/Polri serta aparat terkait demi terjaganya keutuhan dan keamanan di perbatasan. 

Hal ini selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. (Dinas Penerangan Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar