Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 09 Maret 2021

Dampingi Kasal, Pangkoarmada II Hadiri Upacara Tradisi Pembaretan Korps Marinir


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan ikut mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Upacara Pembaretan 300 prajurit Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XL/I Tahun 2021 bertempat di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan, Selasa (9/3).

Tradisi pembaretan ini dilaksanakan setelah mereka dinyatakan berhasil menyelesaikan rangkaian pendidikan dasar kemiliteran dan juga menyelesaikan pendidikan kejuruan Korps Marinir selama enam bulan lebih di Kodikmar Kodiklatal. 

Selama mengikuti pendidikan kejuruan korps Marinir, para Prajurit Tamtama remaja ini di bekali dengan materi latihan menembak kualifikasi, tahap pendidikan komando (Dikko) di hutan Selogiri selama hampir tiga bulan, Latek KSIT, Latek Opsfib dan kursus Tamtama remaja di Puslatpurmar 4 Purboyo Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan.

Dalam kesempatan ini Kasal Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan baret ungu secara langsung kepada salah satu perwakilan prajurit Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XL/I dan secara resmi menyatakan berhak mengenakan Baret Ungu kebanggaan Korps Marinir.

“ Upacara pembaretan yang kita saksikan pada pagi hari ini, bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata. Pembaretan prajurit remaja Korps Marinir adalah salah satu implementasi Binkorps Marinir dari aspek pembinaan tradisi kultural atau tradisi. Pembinaan tradisi ini menjunjung nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan, dan kehormatan diri serta kecintaan kepada korps, dan dengan demikian, pembinaan personel merupakan salah satu pembuktian bahwa angkatan laut sangat serius dalam membangun kekuatan Matra Laut menjadi lebih professional, modern dan Tangguh, “ ungkap Kasal.

“ Untuk itu, agar dicamkan di dalam benak para prajurit remaja sekalian bahwa sebagai prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut, "Pantang bagi kalian takut menghadapi badapi, karena kalianlah yang akan menjadi badai bagi musuh-musuhmu. Tempa diri kalian hingga jiwa dan ragamu sekeras baja, berlatih dan berlatihlah terus tanpa Lelah seperti pasir, yang selalu menyongsong kerasnya deburan ombak, “ tegas Kasal. (Dinas Penerangan Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar